Rilis Berita

LDS Charities Membantu Korban Banjir Bandang di Bitung, Sulawesi Utara

Banjir bandang dan tanah longsor menerpa kota Bitung Sulawesi Utara hari Minggu tanggal 12 Febrari 2017.

 

Sekitar 600 rumah yang tergenang banjir ditambah 30 rumah  lagi yang tertimpa tanah longsor. Ada sekitar 650 Kepala Keluarga atau 2,200 jiwa yang terdampak bencana ini.  Semua korban banjir maupun korban tanah longsor mengungsi di beberapa rumah ibadah dan sekolah yang tidak terkena dampak bencana.

Berdasarkan data yang dikumpulkan tim relawan yang bertugas di lapangan, diketahui bahwa bantuan yang masih sangat diperlukan adalah; kasur, selimut, makanan balita, pakaian dalam pria dan wanita dewasa, Hygiene Kit (handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampoo), minyak telon dan susu.

LDS Charities menawarkan bantuan untuk menyediakan kebutuhan yang diperlukan oleh para korban bencana dan pada tanggal 21 February 2017, LDS Charities bersama beberapa anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir cabang Manado berangkat ke Bitung dengan menggunakan satu truk dan beberapa kendaraan kecil untuk menyerahkan bantuan yang diberikan kepada para korban bencana di sana.

Penyerahan bantuan secara simbolis diterima langsung oleh Walikota Bitung, Bapak Maxmilian Lomban dan dihadiri oleh Wakil Walikota dan beberapa pejabat terkait di posko BPBD. Dalam sambutannya Walikota Bitung mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh LDS Charities yang sudah pasti akan sangat membantu dalam meringankan beban penderitaan para korban bencana banjir dan tanah longsor yang barangkali tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. 

Dalam kunjungan langsung ke lokasi bencana yang terparah di desa Tandu Rusa, Bapak Sefferson Sumampouw, selaku Camat Maesa, memperlihatkan beberapa rumah yang hancur akibat tanah longsor dan sisa lumpur yang masih menumpuk di sepanjang jalan yang diterjang banjir bandang. Bapak Sefferson Sumampouw sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh LDS Charities.

“Kami mengikuti teladan Yesus Kristus yang mengajarkan kami untuk membantu dan mengasihi sesama umat manusia yang membutuhkan. Kami berharap dengan bantuan ini,  dapat meringankan beban penderitaan mereka”. Ujar Jemmy Mongan, selaku perwakilan Urmas dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir.

LDS Charities adalah perpanjangan tangan kemanusiaan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir. Misi dan Tujuannya adalah meringankan penderitaan, mendorong kemandirian, serta memberikan kesempatan untuk pelayanan bagi orang-orang dari semua bangsa dan agama.

Program-program kemanusiaan paling utama LDS Charities, seperti perbaikan sanitasi dan kesehatan yang dibangun di atas asas-asas tanggung jawab pribadi, dukungan masyarakat, keswadayaan, serta kesinambungan. LDS Charities menerapkan asas-asas ini bahkan dalam bantuan di masa krisis dan tanggap darurat. Upaya-upayanya dirancang untuk memberi individu dan masyarakat, alat yang  mereka butuhkan untuk memperbaiki keadaan mereka sendiri dengan cara-cara yang permanen dan bermakna.

Untuk informasi lebih lanjut tentang LDS Charities, kunjungi www.ldscharities.org

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.

Unduh Foto »