Topik

Imamat Tanpa Bayaran

Pemimpin jemaat setempat untuk Orang-Orang Suci Zaman Akhir adalah uskup (atau presiden cabang, untuk jemaat lebih kecil). Seorang uskup memegang imamat dan ditahbiskan ke dalam jabatan uskup oleh seorang pemimpin Gereja yang lebih senior. Dia mencari nafkahnya sendiri dan tidak menerima bayaran apa pun untuk pelayanannya dalam Gereja. Meskipun tidak ada jangka waktu pelayanan yang ditetapkan, adalah umum bagi seorang uskup untuk melayani jemaatnya selama sekitar lima tahun, setelah itu dia kembali ke tubuh jemaat atau ditugaskan tanggung jawab lain di luar itu.

Pemegang imamat lainnya mendukung uskup dalam tugas-tugasnya, termasuk dua penasihat. Selain itu, uskup menerima bantuan dari sebuah dewan lingkungan yang terdiri dari para pria dan wanita yang memegang tanggung jawab penting dan berbeda bagi anggota jemaat, tua dan muda.

Tugas-tugas tertentu dalam jemaat mengharuskan seorang pemegang imamat untuk melaksanakannya, seperti memberkati lambang-lambang sakramen dari tubuh (roti) dan darah (air), secara resmi menganugerahkan berkat kepada orang sakit atau membaptis anggota ke dalam agama. Hanya anggota pria yang layak yang memegang imamat.

Tanggung jawab seperti berceramah kepada jemaat atau menawarkan doa resmi dalam pertemuan atas nama jemaat tidak mengharuskan imamat dan dibagikan secara merata antara pria dan wanita.

Tidak adanya pelayanan yang dibayar di tingkat jemaat dapat menjadi salah satu alasan mengapa tradisi kesukarelaan begitu tertanam di dalam masyarakat Orang Suci Zaman Akhir. Setiap orang diharapkan untuk membantu, dan tidak ada jabatan senior permanen pemimpin setempat. Seseorang yang melayani sebagai uskup hari ini dapat duduk di kelas minggu depan, diajar oleh seseorang yang dahulunya seorang asisten. 

Juga tidak ada rasa tingkatan di dalam imamat. Hampir semua pria yang aktif dalam Gereja memegang jabatan baik penatua maupun imam tinggi. Para pria ini bertemu dalam kelompok yang disebut kuorum untuk pengajaran kelas mingguan dan diorganisasi untuk secara kolektif memenuhi kebutuhan tertentu, seperti merawat yang miskin atau membantu keluarga dengan orang tua tunggal.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.