Topik

Penasihat

Organisasi gerejawi Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir terutama dikelola oleh presidensi. Dari badan tertinggi dalam Gereja, Presidensi Utama, ke jemaat lokal, setiap dari presidensi ini terdiri dari seorang presiden dan dua penasihat. Satu pengecualian dari format ini terdapat dalam lingkungan lokal, di mana pendeta tanpa bayarandisebut uskup. Dua pria yang membantunya masih dirujuk sebagai penasihat.

Terlepas dari tingkatan administratif, tujuan penasihat adalah untuk memberikan bantuan dan dukungan bagi presiden atau uskup. Penasihat melakukan berbagai tanggung jawab rohani dan administratif sebagaimana ditugaskan oleh presiden atau uskup serta mengisi ketika presiden atau uskup berhalangan hadir. Bergantung pada organisasinya, penasihat dapat merupakan pria atau wanita dari segala usia. Misalnya, penasihat dalam presidensi pasakadalah pria dewasa, sementara penasihat dalam kuorum diakenadalah remaja putra antara usia 12 dan 13. Senada dengan ini, penasihat dalam presidensi Lembaga Pertolonganadalah wanita dewasa, sementara presidensi dalam kelas remaja putriadalah remaja putri berusia antara 12 dan 18.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.