Topik

Pertumbuhan Gereja

Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir secara resmi diorganisasi di sebuah rumah kayu kecil di New York pada tahun 1830.

Itu membutuhkan 117 tahun—sampai tahun 1947—bagi Gereja untuk tumbuh dari enam anggota awal ke satu juta. Misionaris adalah sebuah fitur Gereja sejak hari-hari awalnya, menyebar ke tanah penduduk asli Amerika, ke Kanada, dan pada tahun 1837, di luar benua Amerika Utara ke Inggris. Tidak lama kemudian, misionaris bekerja di Benua Eropa dan sejauh India dan Kepulauan Pasifik.

Tanda dua juta anggota dicapai hanya 16 tahun kemudian, pada tahun 1963, dan tanda tiga juta anggota dalam delapan tahun lagi. Pola pertumbuhan yang mengalami percepatan ini telah berlanjut dengan sekitar sejuta anggota baru sekarang ditambahkan setiap tiga tahun atau kurang. Pertumbuhan terdiri baik dari baptisan orang insaf maupun pertumbuhan alami melalui kelahiran anak-anak.

Keanggotaan Gereja dewasa ini adalah lebih dari 14 juta.

Konsekuensi dari pertumbuhan yang pesat dan berkelanjutan ini terlihat di banyak tempat di dunia di mana Gereja beroperasi. Jemaat yang berkumpul ke dalam daerah geografis yang disebut lingkungan secara teratur dibagi sewaktu itu menjadi terlalu besar untuk dikelola, atau untuk beribadat dalam sebuah ruang sakramen atau gedung pertemuan sekaligus. Bangunan baru sedang dirampungkan hampir setiap tahun untuk menampung keanggotaan yang terus bertambah.

Menurut Dewan Nasional Gereja, Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir adalah gereja dengan pertumbuhan terpesat kedua di Amerika Serikat. Namun, terlepas dari jumlahnya yang terus bertambah, Gereja memperingatkan terhadap penekanan yang berlebihan pada statistik pertumbuhan. Gereja tidak membuat perbandingan statistik dengan gereja lainnya dan tidak membuat klaim menjadi denominasi Kristen dengan pertumbuhan terpesat kedua terlepas dari seringnya komentar media berita mengenai hal itu. Perbandingan seperti itu jarang memperhitungkan banyaknya faktor kompleks, termasuk tingkat kegiatan dan tingkat kematian, metodologi yang digunakan dalam mendaftar atau menghitung anggota dan apa faktor yang membentuk keanggotaan. Tingkat pertumbuhan juga bervariasi secara signifikan di seluruh dunia. Selain itu, banyak faktor lain yang berkontribusi untuk kekuatan Gereja, terutama pengabdian dan komitmen anggotanya.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.