Biografi Pemimpin

Presiden Thomas S. Monson

Presiden Thomas S. Monson telah melayani sebagai presiden ke-16 Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir sejak tanggal 3 Februari 2008. Dia pernah melayani sebagai penasihat dalam Presidensi Utama Gereja sejak tanggal 10 November 1985. Baru-baru ini, pada tanggal 12 Maret 1995, dia ditetapkan sebagai penasihat pertama bagi Presiden Gordon B. Hinckley. Sebelum itu, pada tanggal 5 Juni 1994, dia dipanggil sebagai penasihat kedua bagi President Howard W. Hunter, dan pada tanggal 10 November 1985, sebagai penasihat kedua bagi Presiden Ezra Taft Benson. Dia didukung dalam Kuorum Dua Belas Rasul pada tanggal 4 Oktober 1963 dan ditahbiskan sebagai rasul pada tanggal 10 Oktober 1963 di usia 36.

Presiden Monson melayani sebagai presiden Misi Kanada yang berkantor pusat di Toronto, Ontario, dari tahun 1959 ke tahun 1962. Sebelum itu dia melayani dalam presidensi Pasak Temple View di Salt Lake City, Utah, dan sebagai uskup dari Lingkungan Keenam Puluh Tujuh di pasak itu.

Lahir di Salt Lake City pada tanggal 21 Agustus 1927, Presiden Monson adalah putra dari G. Spencer dan Gladys Condie Monson. Dia bersekolah di sekolah negeri Salt Lake City dan lulus cum laude dari Universitas Utah pada tahun 1948, menerima gelar di bidang manajemen bisnis. Dia menyelesaikan program pascasarjana dan melayani sebagai anggota staf pengajar Fakultas Bisnis di Universitas Utah. Dia kemudian menerima gelar MBA dari Universitas Brigham Young. Pada bulan April 1981, Universitas Brigham Young menganugerahi gelar doctor of laws, honoris causa kepada Presiden Monson. Dia diberi gelar kehormatan doctor of humane letters oleh Perguruan Tinggi Lokal Salt Lake pada bulan Juni 1996. Dia menerima gelar kehormatan doctor of business dari Universitas Utah pada bulan Mei 2007. Di bulan Mei 2009, dia menerima gelar Doktor Kehormatan Komunikasi dari Universitas Utah Valley dan gelar Doktor Kehormatan Layanan Publik dari Universitas Southern Utah. Pada bulan April 2010, dia menerima gelar Doktor Kehormatan Kemanusiaan dari Universitas Weber State. Pada bulan Mei 2011, dia menerima gelar Doktor Kehormatan Kemanusiaan dari Perguruan Tinggi Dixie State di Utah. Dia anggota Alpha Kappa Psi, sebuah persaudaraan bisnis kehormatan.

Presiden Monson bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat menjelang akhir Perang Dunia II. Dia menikahi Frances Beverly Johnson pada tanggal 7 Oktober 1948 di Bait Suci Salt Lake. Mereka dikaruniai tiga anak, delapan cucu, dan tujuh cicit.

Secara profesional, Presiden Monson mempunyai karier terhormat dalam penerbitan dan percetakan. Dia menjadi terkait dengan Deseret Newspada tahun 1948, di mana dia melayani sebagai eksekutif di divisi periklanan dari surat kabar itu dan Korporasi Agensi Surat Kabar. Kemudian dia menjabat manajer penjualan dari Pers Deseret News, salah satu perusahaan percetakan komersial terbesar di Barat, naik dari jabatan direktur umum, yang dia jabat pada saat penugasannya ke Kuorum Dua Belas pada tahun 1963. Dia melayani selama bertahun-tahun sebagai ketua dewan Perusahaan Penerbitan Deseret News. Presiden Monson adalah mantan presiden Industri Percetakan Utah dan mantan anggota dewan direksi Industri Percetakan Amerika.

Dengan latar belakang bisnis yang luas, Presiden Monson melayani selama bertahun-tahun sebagai anggota dari sejumlah bisnis dan industri terkemuka. Dia saat ini menjabat sebagai ketua Dewan Pendidikan dan Dewan Pengawas Gereja OSZA.

Sejak tahun 1969, Presiden Monson telah melayani sebagai anggota Dewan Eksekutif Nasional dari Pramuka Amerika.

Presiden Monson telah menjadi anggota dalam Asosiasi Eksekutif Penjualan Utah, Klub Periklanan Salt Lake dan Klub Pertukaran Salt Lake.

Selama bertahun-tahun, Presiden Monson melayani sebagai anggota Dewan Pengawas Negara Bagian Utah, badan yang mengatur pendidikan yang lebih tinggi di negara bagian Utah. Dia juga melayani sebagai pejabat di Asosiasi Alumni Universitas Utah.

Pada bulan Desember 1981, Presiden Monson ditunjuk oleh Presiden Ronald Reagan untuk melayani pada Satuan Tugas Presiden untuk Inisiatif Sektor Swasta. Dia melayani dalam kapasitas ini hingga bulan Desember 1982, ketika pekerjaan satuan tugas ini rampung.

Presiden Monson menerima Penghargaan Alumni Terhormat dari Universitas Utah pada tahun 1966. Dia juga penerima Penghargaan Berang-Berang Perak dari Pramuka Amerika (1971), Penghargaan Kerbau Perak (1978) dan penghargaan tertinggi Pramuka internasional, Serigala Perunggu (1993), dan Penghargaan Rubah Perak dari Pramuka Kanada (2011). Pada tahun 1997, dia menerima Penghargaan Minuteman dari Garda Nasional Utah, serta Penghargaan Teladan Kemanusiaan dari Universitas Brigham Young. Pada tahun 1998, dia dan Sister Monson masing-masing diberi Penghargaan Kepedulian Kemanusiaan Berkelanjutan oleh Para Sister Kasih Amal dari St. Joseph Villa. Pada tahun 2000, dia menerima Penghargaan Joseph dan Hyrum Smith sebagai "Komunikator Tahun Ini" dari Masyarakat Hubungan Kemasyarakatan OSZA. Pada tahun 2005, dia diberikan Penghargaan Warisan Kehidupan oleh Yayasan Jantung dan Paru-Paru, yang merupakan badan dari Yayasan Deseret. Pada tahun 2007, dia menerima Penghargaan Kemanusiaan Sedunia dari Klub Pebisnis Internasional. Dia telah menerima penghargaan dari empat kelompok dari Perkumpulan Manajemen BYU.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.