Topik

Kebijakan Privasi

KEBIJAKAN PRIVASI

MORMONNEWSROOM.ORG (Diperbarui 2/1/2012)

MORMONNEWSROOM.ORG adalah situs web berita Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir ("Gereja").

Privasi informasi pribadi Anda adalah penting untuk Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dan badan hukum yang berafiliasi dengannya (merujuk pada kebijakan ini secara kolektif sebagai "Gereja," "kami," "kita," dan istilah serupa). Kebijakan Privasi ini dimaksudkan sebagai suatu pernyataan umum yang menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, dan memproses informasi pribadi yang Anda berikan di situs web atau aplikasi Internet kami (merujuk sebagai "situs"). Kami berusaha untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan informasi pribadi yang konsisten dengan hukum di negara di mana kami mengumpulkan informasi pribadi. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk situs ini, yang dimiliki dan dioperasikan oleh Badan Hukum dari Presiden Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, Badan Hukum dari Uskup Ketua dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, atau SejarahKeluarga Internasional (sebagaimana disebutkan secara khusus pada laman pertama situs web).

Dalam yurisdiksi tertentu, badan yang berafiliasi dengan Gereja dapat mengangkat ketentuan Kebijakan Privasi yang unik untuk mencerminkan persyaratan hukum setempat yang berlaku. Ketika suatu ketentuan terpisah dianggap perlu, kami akan menyediakan Anda dengan suatu pemberitahuan tambahan.

Anda dapat mengunjungi sebagian besar dari situs kami tanpa memberikan informasi pribadi apapun. Ketika informasi pribadi diminta, kami mematuhi prinsip privasi berikut mengenai bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, memindahkan, dan menyimpan informasi Anda.

Praktek Privasi

1. Pengumpulan Informasi. Ketika Anda membuat suatu Akun LDS secara langsung atau melalui situs FamilySearch, mendaftarkan suatu akun pada salah satu situs kami, menambahkan informasi profil, atau melakukan tindakan serupa lainnya, kami dapat mengumpulkan atau mendapatkan dari Anda atau catatan keanggotaan Anda (jika ada) informasi termasuk, tetapi tidak terbatas kepada, nama, alamat, alamat e-mail, nomor telepon, foto, kontak atau preferensi profil Anda, dan informasi unit Gereja.

Kami juga dapat mengumpulkan informasi yang dikirimkan oleh perangkat Internet atau peramban web Anda setiap kali Anda mengunjungi salah satu situs kami, termasuk suatu alamat Protokol Internet.

2. Penggunaan Informasi Pribadi. Kami dapat menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan untuk (a) memungkinkan kami untuk menghubungi Anda, (b) memenuhi permintaan yang Anda buat, (c) mencari umpan balik sukarela Anda pada fitur situs web atau konten, atau (d) membantu memenuhi misi kami.

Kami dapat juga menggunakan informasi pribadi Anda untuk tujuan internal, termasuk audit, analisis data, pemecahan masalah sistem, dan penelitian.

Selain itu, kami dapat menggunakan kedua informasi pribadi yang Anda berikan dan informasi yang dikirimkan peramban web Anda (lihat bagian 10 dibawah) untuk mendeteksi pengguna yang tampaknya menyebabkan kerusakan pada situs kami atau untuk personalisasi pengalaman pengguna pada situs kami.   

Apabila informasi Anda akan digunakan untuk tujuan apapun selain yang diuraikan di atas, kami secara khusus akan memberi tahu Anda dan mendapatkan persetujuan Anda, jika diperlukan secara hukum.

Dari waktu ke waktu, kami dapat juga memberitahukan kepada Anda pilihan untuk keluar dari penggunaan atau memilih untuk menggunakan fitur tertentu.

3. Penggunaan Informasi Keanggotaan Gereja. Jika Anda adalah anggota Gereja, informasi umum keanggotaan Anda (misalnya, nama, alamat, dan nomor telepon) dan informasi opsional lainnya yang dapat Anda pilih untuk berikan (misalnya, alamat surel, foto, dan sebagainya) dapat dibagi dengan anggota Gereja dalam lingkungan atau cabang dan pasak atau distrik Anda untuk tujuan internal Gereja dengan persetujuan Anda jika persetujuan Anda diperlukan secara hukum. Sebagian informasi Anda juga dapat dilihat secara terbatas pada situs Internet kami, termasuk LDS.org. Anda dapat memilih keluar dari berbagi informasi atau membatasi informasi opsional yang Anda bagi dengan memodifikasi preferensi profil Anda di situs individu.

Selain itu, informasi keanggotaan Anda, termasuk informasi kontak pribadi Anda, dapat dibagikan dengan kepemimpinan Gereja untuk tujuan internal Gereja.

4. Pengajuan Konten. Pada beberapa situs kami Anda dapat menyediakan konten dan komentar Anda sendiri dalam area tertentu. Beberapa dari pengajuan Anda dimaksudkan untuk menjadi pribadi dan tidak dapat dilihat oleh orang lain (misalnya, catatan daring pribadi, jurnal, atau fitur serupa). Namun, pengajuan konten lainnya dapat dimaksudkan untuk tersedia secara publik dan dapat dilihat oleh orang lain (misalnya, testimonial tertulis atau komentar daring dalam area tertentu dari situs kami).

Dalam kasus dimana pengajuan konten Anda akan dibuat tersedia untuk umum atau dibagikan dengan pihak ketiga lainnya, kami akan meminta persetujuan Anda secara jelas baik pada saat Anda membuat suatu profil terpisah (misalnya, mormon.org atau familysearch.org) atau pada saat Anda mengunggah konten (misalnya, ketika anda mengunggah klip video atau informasi silsilah). Kami menganjurkan Anda untuk berhati-hati ketika memberikan konten yang dimaksudkan untuk dilihat secara umum dan bahwa Anda menghindari posting informasi yang dapat menimbulkan bahaya atau cedera, atau resiko bahaya atau cedera, kepada diri Anda sendiri atau orang lain.

Semua jenis pengajuan konten yang Anda berikan akan disimpan baik pada sistem kami ataupun pada sistem alifiliasi atau pihak ketiga kami (sebagaimana diatur di dalam bagian 7A di bawah). Walaupun standar industri digunakan untuk melindungi pengajuan Anda dari akses, pengungkapan, atau modifikasi tidak sah (sebagaimana diatur di dalam bagian 8 di bawah), kami tidak dapat menjamin privasi penuh dan kami mungkin dapat, dalam beberapa hal, memilih atau secara hukum diwajibkan untuk mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga sebagaimana diatur dalam bagian 7 dari kebijakan ini.

Meskipun kami tidak berkewajiban untuk memonitor pengajuan konten Anda, kami berhak untuk melakukannya dengan kebijaksanaan kami sendiri. Kami juga berhak untuk memblokir atau menghapus konten apapun yang kami anggap tidak pantas, cabul, sundal, mesum, kotor, penuh kekerasan, melecehkan, memfitnah, mencemarkan, menyakitkan, ilegal, mengancam, atau tidak pantas, terlepas dari apakah itu dimaksudkan untuk menjadi pribadi atau umum. Karena kami tidak meninjau semua konten yang diajukan melalui setiap fitur pada setiap situs, kami tidak dapat menjamin bahwa kami akan dapat mengambil tindakan perlindungan dalam hal Anda memberikan konten yang mengungkapkan informasi tentang seseorang yang menjadi korban dari bahaya atau penyalahgunaan atau beresiko menjadi korban dari bahaya atau penyalahgunaan.

Ketika kami menyadari konten yang kami anggap menyinggung atau dapat membahayakan privasi dari informasi pribadi atau rahasia Anda atau milik orang lain, kami akan melakukan usaha dengan niat baik untuk memblokir atau menghapus konten tersebut. 

5. Retensi. Kami menyimpan informasi pribadi dan pengajuan yang dikumpulkan untuk jangka waktu yang wajar untuk memenuhi tujuan pengumpulan dan kemudian menghapusnya dari catatan kami, dengan pengecualian informasi profil bersejarah terbatas, catatan silsilah umum, dan informasi keanggotaan yang disimpan sebagai bagian dari suatu catatan silsilah permanen atau catatan sejarah Gereja.

6. Akses .Kami berusaha untuk menjaga keakuratan informasi pribadi dan bergantung pada Anda untuk memastikan informasi pribadi Anda lengkap dan akurat. Anda dapat memverifikasi, mengoreksi, atau menghapus informasi pribadi Anda melalui pendaftaran situs-spesifik Anda, melalui profil Anda, atau melalui Akun LDS Anda, mana yang berlaku.

Jika Anda anggota Gereja, beberapa dari informasi pribadi Anda dapat diperbarui hanya dengan membuat perubahan ke catatan keanggotaan Gereja Anda. Perubahan tersebut harus dibuat dengan menghubungi juru tulis dalam unit Gereja Anda dan meminta perubahan itu. Jika Anda mengalami masalah dengan memodifikasi atau memperbarui informasi pribadi Anda, Anda dapat menghubungi kami dengan mengirimkan surel ke DataPrivacyOfficer@ldschurch.org. Setelah menerima pesan surel Anda, kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan tanggapan kepada Anda dalam waktu 30 hari. Jika kami tidak dapat memenuhi permintaan Anda dalam jangka waktu 30 hari atau tidak dapat memberikan akses ke informasi yang diminta kepada Anda, kami akan menjelaskan mengapa.

7. Berbagi Informasi dan Pengungkapan. Kami menganggap informasi pribadi Anda sebagai rahasia dan tidak menjualnya kepada siapa pun. Kami tidak berbagi informasi pribadi Anda dengan pihak lainnya kecuali dalam keadaan berikut (atau dalam kasus lainnya di mana kami secara khusus menginformasikan Anda dan memperoleh persetujuan Anda):

A. Penyedia Pihak Ketiga.Kami dapat memberikan informasi pribadi ke pihak ketiga untuk penggunaan mereka dalam melaksanakan fungsi internal atas nama kami (misalnya, proses pembayaran, pemeliharaan, keamanan, analisis data, hosting, dan sebagainya). Dalam hal demikian, penyedia akan secara kontrak diharuskan untuk melindungi informasi pribadi dari penggunaan tambahan (termasuk untuk tujuan pemasaran) atau mentransfer sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan standar industri.

B. Entitas Gereja.Kami dapat mentransfer informasi pribadi ke entitas apa pun yang terkait dengan Gereja untuk mencapai tujuan Gereja. Untuk mentransfer informasi keanggotaan dari Uni Eropa, kami bergantung pada perjanjian klausula antara entitas Gereja sesuai dengan persyaratan Uni Eropa. Untuk pengajuan daring informasi pribadi, kami menganggap pengajuan individu adalah suatu tindakan afirmatif, yang mengindikasikan persetujuan terinformasi data serta persetujuan terinformasi untuk memperkenankan transfer data lintas batas ke Amerika Serikat, di mana yang berlaku, untuk tujuan yang diberikan.

C. Persyaratan Hukum.Kami dapat mengakses dan mengungkapkan informasi pribadi, posting, entri jurnal, percakapan daring, catatan pribadi, konten, atau pengajuan Anda lainnya ke situs web apa pun jika kami memiliki keyakinan niat baik bahwa melakukan itu diwajibkan oleh surat perintah atau perintah pengadilan atau administratif lainnya atau yang diwajibkan oleh hukum. Selain itu, kami dapat mengungkapkan informasi pribadi Anda dan informasi lainnya di mana kita, dalam niat baik, menganggap itu pantas atau perlu untuk mencegah pelanggaran perjanjian kami yang lain; untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap kewajiban, untuk melindungi hak-hak, kepemilikan, atau keamanan situs, individu apa pun, atau masyarakat umum; untuk menjaga dan melindungi keamanan dan integritas layanan atau infrastruktur kami; untuk melindungi diri kami sendiri dan layanan kami dari penipuan, penyalahgunaan, atau penggunaan yang melanggar hukum; untuk menyelidiki dan membela diri kami sendiri terhadap klaim atau tuduhan pihak ketiga; atau untuk membantu lembaga penegak hukum pemerintah.

8. Perlindungan Informasi .Kami menggunakan langkah-langkah teknis dan organisasi untuk melindungi informasi pribadi yang kami terima terhadap kehilangan, penyalahgunaan, dan perubahan yang tidak diwenangkan dan untuk melindungi kerahasiaannya. Kami secara teratur meninjau prosedur keamanan kami dan mempertimbangkan teknologi dan metode keamanan baru yang tepat. Kami juga menggunakan teknologi enkripsi terkini untuk mengenkripsikan transmisi data pada halaman log-in kami. Namun, karena kami tidak dapat menjamin keamanan lengkap teknologi enkripsi ini, mohon berhati-hati ketika mengajukan informasi pribadi daring.

9. Data Pihak Ketiga .Di mana diperkenankan hukum setempat, Anda dapat mengajukan informasi pribadi, termasuk informasi kontak tentang seseorang selain diri Anda sendiri (dengan kata lain, pihak ketiga) untuk memungkinkan kami menghubungi orang itu, membuat pengiriman, atau memenuhi permintaan Anda. Informasi yang dikumpulkan akan digunakan semata-mata untuk memfasilitasi permintaan Anda. Ketika memberikan informasi pribadi tentang siapa pun selain diri Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan terinformasi dari orang itu jika persetujuannya diwajibkan oleh hukum.

Apabila Anda atau orang lain telah memberikan kami informasi kontak pribadi Anda dan Anda ingin meminta kami tidak menghubungi Anda lebih lanjut, silahkan ikuti prosedur untuk tidak berlangganan atau memilih keluar yang disediakan pada situs, surat edaran berkala, notifikasi e-mail khusus, atau sejenisnya.

10. Pengumpulan Data Pasif: Teknologi Pelacakan, Cookie dan Clear GIF. Ketika Anda mengunjungi salah satu situs kami, server atau sistem penyaringan kami dapat mengumpulkan informasi yang peramban web Anda kirim kapan pun Anda mengunjungi situs web. Informasi ini dapat mencakup tetapi tidak terbatas pada jenis peramban Anda, sistem pengoperasian Anda, preferensi bahasa Anda, halaman web rujukan mana pun yang Anda kunjungi sebelum Anda datang ke situs kami, tanggal dan waktu setiap permintaan pengunjung, dan informasi yang Anda cari pada situs kami.

Kami juga menggunakan cookie dan clear GIF untuk mengumpulkan informasi. Sebuah cookieadalah sedikit data yang digunakan untuk mentransfer informasi baik ke hard drive komputer Anda maupun peramban web Anda untuk tujuan pencatatan. Sebuah cookie berfungsi sebagai semacam label yang memungkinkan situs kami untuk mengenali peramban web Anda ketika Anda kembali ke situs kami.  Sebuah clear GIF(juga dikenal sebagai suar web) digunakan bersamaan dengan cookie untuk membantu kami memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs kami. Clear GIF biasanya adalah gambar grafik transparan yang ditempatkan pada situs web. Penggunaan clear GIF memungkinkan kami memonitor tindakan Anda ketika Anda membuka situs web dan memudahkan kami untuk mengikuti dan mencatat kegiatan peramban yang dikenali. Misalnya, dengan menggunakan clear GIF, kami dapat melacak jalan kunjungan halaman pada situs web dan memonitor penggunaan agregat dan pembuatan rute lalu lintas web pada situs kami.

Kami mengumpulkan informasi ini untuk lebih memahami bagaimana Anda menggunakan dan berinteraksi dengan situs kami untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami juga dapat membagikan informasi ini dengan karyawan, kontraktor, penyedia layanan, dan badan yang berafiliasi dengan kami sebagaimana yang diatur dalam bagian 7.

Anda dapat mengubah pengaturan peramban web Anda untuk berhenti menerima cookie atau untuk menanyakan Anda sebelum menerima cookie dari situs yang Anda kunjungi. Namun jika Anda tidak menerima cookie, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa bagian atau fungsi dari situs kami.

11. Kepatuhan Kebijakan dan Pertanyaan Mengenai Privasi Informasi Pribadi. Kami memiliki petugas privasi data yang membantu memastikan kepatuhan terhadap Kebijakan Privasi ini dan menjawab pertanyaan tentang privasi data atau masalah keamanan. Petugas ini juga membantu mendidik karyawan Gereja mengenai kepatuhan. Pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau keamanan informasi pribadi yang kami proses dapat dikirim melalui surel, faks, atau pos ke:

Surel:            DataPrivacyOfficer@ldschurch.org
Faks:               1-801-240-1187
Alamat:         Data Privacy Office
                      50 E. North Temple St.
                      Salt Lake City, UT 84150-0018

12. Privasi Anak-Anak .Kami tidak secara sengaja mengumpulkan informasi dari anak-anak di bawah usia 13 pada sebagian besar situs kami. Setiap situs kami yang mengumpulkan informasi anak-anak akan melakukannya hanya dengan pernyataan terlebih dahulu dan persetujuan terinformasi dari orang tua atau wali anak itu sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami sangat menyarankan agar anak-anak di bawah usia 18 meminta izin dari orang tua mereka sebelum mengirimkan informasi pribadi apa pun ke siapa pun melalui Internet, dan kami mendorong orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang praktek pengunaan Internet yang aman.

13. Keterkaitan Pihak Ketiga .Kami tidak bertanggung jawab atas praktek privasi atau konten dari situs pihak ketiga mana pun. Untuk perlindungan Anda sendiri, Anda hendaknya mengkaji ulang kebijakan situs lainnya untuk memastikan itu memenuhi harapan privasi pribadi Anda.

14. Perubahan Masa Depan untuk Kebijakan Privasi. Kami secara teratur meninjau Kebijakan Privasi ini dan dapat mengubah, memodifikasi, menambahkan atau menghapus bagian-bagian sebagaimana diperlukan. Jika kami mengubah Kebijakan Privasi ini dengan cara-cara yang memengaruhi bagaimana kami menggunakan informasi pribadi Anda, kami akan memberi tahu Anda di sini atau dalam pemberitahuan pada halaman beranda kami. Kami juga akan memperbarui tanggal revisi di bagian bawah Kebijakan Privasi. Kami mendorong Anda untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk tetap terinformasi tentang perubahan apa pun.

Tanggal Pemberlakuan

Versi Kebijakan Privasi ini berlaku pada tanggal 01 Februari 2012.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.