Rilis Berita

Bantuan Septic Tank untuk Bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Surakarta

Pada 28 November 2018 diadakan deklarasi ODF (Open Defecation Free) di Kelurahan Pungggawan, Surakarta. Deklarasi ini menegaskan bahwa warga Kelurahan Punggawan sudah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

 

Guna membantu mewujudkan gol Pemerintah Kota Surakarta untuk menghapus perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir bekerja sama dengan Kelurahan Punggawan dalam pemasangan septic tank di area Kelurahan Punggawan. Ada 5 titik pemasangan septic tank di area tersebut. Kelima titik ini ditentukan berdasarkan survei dari pemerintahan daerah setempat yang menunjukkan lokasi paling sering terjadi perilaku BABS.

Peresmian septic tank di area tersebut diadakan pada 1 Desember 2018 siang. Acara dihadiri oleh Saryanti selaku Lurah Punggawan, Haryono selaku ketua RW 04, sejumlah kader PKK, ketua RT/RW di Kelurahan Punggawan, warga sekitar, dan perwakilan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, termasuk Budi Susanto selaku Presiden Pasak Surakarta dan Agus Kusumarmanto selaku Direktur Urusan Kemasyarakatan. Acara dimulai dengan berdoa bersama menurut kepercayaan masing-masing yang dilanjutkan dengan sambutan dari Saryanti, Haryono, Budi Susanto, dan Agus Kusumarmanto. Acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng, pemecahan kendi oleh Ibu Lurah dan ada pula door prize sederhana yang dibagikan kepada hadirin yang bisa menjawab beberapa pertanyaan seputar program pemerintah.

Warga sangat senang dengan adanya bantuan septic tank di lingkungan mereka. Haryono mewakili warga setempat menyampaikan terima kasih dan berharap agar warga dapat berupaya merawat kebersihan septic tank. Budi Susanto menutup dengan berkata, “Kami sebagai anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir sangat senang bisa membantu mewujudkan pemasangan septic tank di Kelurahan Punggawan. Kami hanya menerapkan ajaran yang kami anut, yaitu membantu sesama seperti yang telah Dia teladankan.”

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.