Dua Belas Bait Suci Diumumkan di Penghujung Konferensi Umum Oktober 2018

Jumlah bait suci yang sedang beroperasi, diumumkan atau dalam pemeliharaan telah mencapai lebih dari 200

Rilis Berita
        

Di penghujung Konferensi Umum Setengahtahunan ke-188, Presiden Russell M. Nelson dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir mengumumkan rencana untuk membangun 12 bait suci baru. Selain menjadi jumlah terbesar bait suci yang diumumkan pada hari yang sama, kabar ini menyiratkan bahwa jumlah total bait suci Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang sedang beroperasi, diumumkan atau dalam pemeliharaan telah mencapai 201.

Bait suci baru akan berlokasi di:

  • Mendoza, Argentina
  • Salvador, Brasil
  • Yuba City, California
  • Phnom Penh, Kamboja
  • Praia, Tanjung Verde
  • Yigo, Guam
  • Puebla, Meksiko
  • Auckland, Selandia Baru
  • Lagos, Nigeria
  • Davao, Filipina
  • San Juan, Puerto Rico
  • Washington County, Utah
              

Dua belas bait suci yang diumumkan ini menambahkan pada jumlah keseluruhan bait suci yang beroperasi (159) dan bait suci yang diumumkan atau sedang dibangun (42) menjadi 201 di seluruh dunia. Bait Suci Concepción Chile (Oktober 28) dan Bait Suci Barranquilla Kolombia  (Desember 9) dijadwalkan untuk didedikasikan akhir tahun ini. Sebelas bait suci sedang direnovasi, termasuk Bait Suci Asunción Paraguay, Bait Suci Baton Rouge Louisiana, Bait Suci Frankfurt Jerman, Bait Suci Hamilton Selandia Baru, Bait Suci Memphis Tennessee, Bait Suci Mesa Arizona, Bait Suci Oakland California, Bait Suci Oklahoma City Oklahoma, Bait Suci Raleigh North Carolina, Bait Suci Tokyo Jepang dan Bait Suci Washington D.C. (Bait suci yang sedang direnovasi dianggap sebagai bait suci yang beroperasi.) Sebelumnya, pengumuman bait suci baru dengan jumlah terbesar adalah pada 1 April 1981, dimana sembilan bait suci diumumkan. Dengan tujuh bait suci baru diumumkan pada konferensi umum April 2018, total jumlah bait suci yang diumumkan tahun ini mencapai 19 bait suci. 

“Membangun dan memelihara bait suci mungkin tidak mengubah hidup Anda, tetapi menghabiskan waktu Anda di dalam bait suci akan mengubah hidup Anda,” kata Presiden Nelson. “Bagi mereka yang sudah lama tidak pergi ke bait suci, saya mendorong Anda untuk mempersiapkan diri dan segera pergi ke bait suci. Kemudian saya mengundang Anda untuk beribadah di bait suci dan berdoa untuk benar-benar merasakan kasih Juruselamat yang tak terbatas bagi Anda, bahwa setiap dari Anda dapat memperoleh kesaksian Anda sendiri bahwa Ia terus mengarahkan pekerjaan yang kudus dan kekal ini.”

Mendoza, Argentina

Ketika kelak Bait Suci Mendoza Argentina selesai dibangun dan didedikasikan, Argentina akan memiliki empat bait suci. Bait Suci Buenos Aires Argentina didedikasikan pada 1986, sementara Bait Suci Córdoba Argentina didedikasikan pada 2015. Bait Suci Salta Argentina didedikasikan oleh Presiden Nelson pada April 2018. Argentina, negara yang memiliki sekitar 45 juta penduduk, adalah rumah bagi sekitar 459.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Salvador, Brasil

Setelah Amerika Serikat (6,7 juta Orang-Orang Suci Zaman Akhir) dan Meksiko (1,45 juta), Brasil adalah negara dengan jumlah anggota Gereja terbesar ketiga (1,39 juta) di dunia. Ada enam bait suci yang beroperasi di Brasil, yang terletak di Campinas, Curitiba, Manaus, Porto Alegre, Recife dan São Paulo. Dua bait suci sedang dibangun (Fortaleza dan Rio de Janeiro), sedangkan tiga lainnya telah diumumkan — di Belém, Brasília dan sekarang Salvador.

Yuba City, California

Bait Suci Yuba City California akan menjadi bait suci ke-delapan di California. Bait suci lainnya yang ada di negara bagian ini berlokasi di Fresno, Los Angeles, Newport Beach, Oakland (sedang direnovasi), Redlands, Sacramento dan San Diego. California adalah rumah bagi lebih dari 760.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir dan sekitar 1.300 jemaat.

Phnom Penh, Kamboja

Ini akan menjadi bait suci Orang Suci Zaman Akhir pertama di Kamboja dan bait suci ke-sembilan di Asia. Lebih dari 14.600 Orang-Orang Suci Zaman Akhir tinggal di negara Asia Tenggara yang berpopulasi lebih dari 16 juta jiwa ini.

Praia, Tanjung Verde

Ini akan menjadi bait suci pertama di Tanjung Verde, kepulauan yang terletak sekitar 350 mil di lepas pantai barat laut Afrika. Sekitar 14.700 Orang-Orang Suci Zaman Akhir tinggal di negara pulau yang berpenduduk 539.000 jiwa ini.

Yigo, Guam

Wilayah pulau kecil di Pasifik Barat ini berukuran kurang dari setengah luasnya Lembah Salt Lake dan memiliki populasi 166.000 jiwa. Misionaris dari Gereja Yesus Kristus pertama kali tiba pada 1957. Sekarang, ada lebih dari 2.500 Orang-Orang Suci Zaman Akhir di Guam. Ini akan menjadi bait suci Orang Suci Zaman Akhir pertama di wilayah ini.

Puebla, Meksiko

Ini akan menjadi bait suci Meksiko yang ke-14. Ke-13 bait suci lainnya di negara ini berada di Ciudad Juárez, Colonia Juárez, Zapopan, Hermosillo, Mérida, Mexico City, Monterrey, Oaxaca, Ciudad Madero, Tijuana, Tuxtla Gutiérrez, Boca del Rio dan Villahermosa. Negara ini adalah rumah bagi sekitar 1,5 juta Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang tersebar di sekitar 2.000 jemaat.

Auckland, Selandia Baru

Bait Suci Auckland Selandia Baru akan menjadi bait suci kedua di negara ini. Bait suci pertama, yang dibangun pada 1958 di Hamilton, ditutup pada Agustus 2018 untuk renovasi. Gereja telah hadir di Selandia Baru sejak 1850an. Hari ini, lebih dari 114.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir bertempat tinggal di negara ini.

Lagos, Nigeria

Bait suci Lagos Nigeria akan menjadi bait suci kedua di Nigeria dan ke-sembilan di Afrika. Bait suci yang sedang beroperasi saat ini berlokasi di Aba, Nigeria; Johannesburg, Afrika Selatan; dan Accra, Ghana. Bait Suci Kinshasa Republik Demokratik Kongo dijadwalkan untuk didedikasikan pada 14 April 2019. Bait Suci Durban Afrika Selatan sedang direnovasi. Rencana telah diumumkan untuk membangun bait suci di Harare, Zimbabwe; Nairobi, Kenya; dan Abidjan, Pantai Gading. Keanggotaan Gereja di Afrika telah tumbuh dari hanya segelintir anggota pada akhir 1970an menjadi lebih dari 611.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir hari ini (termasuk sekitar 174.000 di Nigeria) di lebih dari 2.000 jemaat.

Davao, Filipina

Dengan pengumuman ini, Filipina memiliki enam bait suci yang diumumkan atau didedikasikan, termasuk Cebu City, Manila (2), Urdaneta dan Cagayan de Oro. Ada lebih dari 780.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir di negara yang berpenduduk 107 juta jiwa ini.

San Juan, Puerto Rico

Ini akan menjadi bait suci pertama di Puerto Rico, sebuah pulau Karibia yang berpenduduk lebih dari 3 juta jiwa dan lebih dari 23.000 Orang-Orang Suci Zaman Akhir. Bait suci terdekat bagi anggota Gereja di Karibia adalah Bait Suci Santo Domingo Republik Dominika.

Washington County, Utah

Ini akan menjadi bait suci kedua di Washington County; yang pertama berada di St. George, Utah. Sebagai pusat Gereja di dunia, Utah memiliki 2,1 juta anggota Gereja di negara bagian yang berpenduduk 3,2 juta jiwa. Ada 17 bait suci yang beroperasi di negara bagian ini, termasuk Bountiful, Brigham City, Cedar City, Draper, Logan, Jordan River, Manti, Monticello, Mount Timpanogos, Ogden, Oquirrh Mountain, Payson, Provo City Center, Provo, St. George, Salt Lake dan Vernal. Bait Suci Saratoga Springs diumumkan pada konferensi umum April 2017, dan Bait Suci Layton Utah diumumkan pada April 2018. Bait suci baru di Washington County ini akan menjadi bait suci ke-20 di Utah.

Selain mengumumkan tentang 12 bait suci baru, Presiden Nelson menyampaikan bahwa sejumlah bait suci generasi pionir akan direnovasi. “Dengan berlalunya waktu, bait suci pasti akan perlu diperbaiki dan diperbarui. Untuk itu, rencana sedang dibuat untuk merenovasi dan memperbarui Bait Suci Salt Lake dan sejumlah bait suci generasi pionir lainnya,” ujarnya. “Detail tentang proyek ini akan diumumkan segera”.

Tentang Bait Suci

Orang-Orang Suci Zaman Akhir memandang bait suci sebagai “rumah Tuhan,” tempat paling kudus di bumi. Bait suci berbeda dari gedung pertemuan atau gedung Gereja lainnya dimana semua orang dipersilakan untuk menghadiri kebaktian hari Minggu. Di bait suci, ajaran-ajaran Yesus Kristus ditegaskan kembali melalui pernikahan, baptisan dan tata cara lainnya yang mempersatukan keluarga untuk kekekalan.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.