Rilis Berita

Dua Orang Rasul Mormon akan Menghadiri Pelantikan Presiden AS 2017

Pelantikan presiden adalah upacara sipil yang lebih penting dari orang yang sedang dilantik.

Presidensi Utama telah menugasi Penatua D. Todd Christofferson dan Penatua Gary E. Stevenson dari Kuorum Dua Belas Rasul untuk mewakili Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir pada pelantikan presiden, 20 Januari 2017 di Washington, DC. Kehadiran mereka melanjutkan sebuah tradisi yang telah berlangsung sejak lebih dari seabad yang lalu, dari kepemimpinan Mormon yang mendukung dan merayakan proses yang memungkinkan peralihan kekuasaan secara damai.

“Pelantikan presiden adalah upacara sipil yang lebih penting dari orang yang sedang dilantik,” ujar Penatua Christofferson. “Itu merupakan kegiatan kenegaraan, bukan politik. Tujuan utamanya adalah bagi presiden terpilih untuk mengambil sumpah jabatan yang disyaratkan secara konstitusional, dan bagi rakyat dengan menjadi saksi untuk mengikatnya pada sumpah tersebut. Itu adalah waktu untuk menegaskan kembali secara kolektif, asas-asas abadi yang telah menopang negara ini selama lebih dari 200 tahun, termasuk peralihan kekuasaan secara damai, yang tetap merupakan peristiwa luar biasa bahkan di dunia modern saat ini.”

Selama bertahun-tahun, Presidensi Utama dan para anggota Kuorum Dua Belas Rasul telah bertemu dengan para presiden yang berasal dari kedua partai politik. Para anggota Presidensi Utama biasanya menghadiri atau mengutus perwakilan pada pelantikan para presiden AS. Perwakilan Gereja akan berpartisipasi bersama para pemimpin dari keyakinan lain, para mantan Presiden dan mantan Ibu Negara, serta orang-orang dari setiap paham atau arah politik.

Sebagai bagian dari acara pelantikan tersebut, Penatua Christofferson juga akan menghadiri Kebaktian Doa Nasional di Katedral Nasional Washington pada tanggal 21 Januari 2017. Penatua Stevenson akan melakukan perjalanan untuk suatu tugas Gereja di Amerika Selatan pada hari itu.

Pada tahun 2009, Presiden Dieter F. Uchtdorf dari Prsidensi Utama dan Penatua M. Russell Ballard menghadiri pelantikan pertama Presiden Barack Obama. Pada tahun 2013, almarhum Penatua L. Tom Perry dan Penatua Quentin L. Cook menghadiri pelantikan kedua Presiden Obama.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.