Rilis Berita

LDS Charities mempersembahkan penghargaan kepada Dr. Tjahjono Gondhowiardjo

LDS Charities (LDSC) mempersembahkan penghargaan kepada Dr. Tjahjono Gondhowiardjo dalam Acara Community Service Award, Sabtu 4 Februari 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

 

LDS Charities (LDSC) mempersembahkan penghargaan kepada Dr. Tjahjono Gondhowiardjo dalam Acara Community Service Award, Sabtu 4 Februari 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta. 

LDSC merupakan organisasi kemanusiaan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir yang memiliki moto,  “Meringankan penderitaan, Memperkuat kemandirian, serta Memberikan peluang untuk pelayanan bagi orang-orang dari semua bangsa dan agama.” LDSC berdiri sejak tahun 1985, dan telah bekerja sama dengan berbagai mitra di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selama bertahun-tahun LDSC telah memberikan dukungan di Indonesia, untuk bangkit dari akibat bencana alam, melatih Bidan mengenai teknik-teknik yang meningkatkan tingkat kelangsungan hidup bayi yang baru lahir, membangun sistem air bersih, meningkatkan sanitasi dan meningkatkan kesehatan secara umum, terkhusus meningkatkan kesehatan mata.

Di awal tahun 1998 ketika departemen Mata Universitas Indonesia mendirikan klinik mata swadana yang berlokasi di kompleks RSCM, LDSC mulai membantu dengan mengisi ruang operasi dan bahan habis pakai untuk program bakti sosial katarak. Program selanjutnya adalah adanya pengiriman beberapa dokter mata ke Moran Eye Center, USA.

Selain itu beberapa dokter ahli mata didatangkan dari Amerika untuk membantu program pelatihan. Beberapa tahun terakhir telah menyediakan peralatan di bagian mata universitas Gajah mada dan Sam Ratulangi baik untuk pendidikan maupun kegiatan bakti sosial.

Pada Community Service Award kali ini, LDSC memberikan Penghargaan Kepada DR. Dr. Tjahjono Gondhowiardjo atas pelayanannya dalam meningkatkan kesehatan mata di Indonesia. 

Dr. Tjahjono Gondhowiardjo merupakan seorang Dokter Spesialis Mata. Beliau telah menginspirasi banyak orang dalam bidang kesehatan mata di Indonesia. Dr. Tjahjono Gondhowiardjo telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang inovatif setelah berhasil mentrasformasi Departemen Oftalmologi Universitas Indonesia di RS. Cipto Mangukusumo saat krisis moneter terjadi tanpa bantuan pemerintah.

Beliau pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Oftalmologi Indonesia, Chairman Komite Pencegah Kebutaan Indonesia,Inisiator dari “Mata Hati Movement” yang merupakan organisasi nirlaba untuk pengumpulan dana kemanusiaan operasi katarak dan juga merupakan presiden Bank Mata Indonesia. Prestasi dan pelayanannya ini, telah membuatnya mendapatkan banyak penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

Acara Community Service Award dibuka oleh Penatua Trip Meredith, selaku wakil dari LDSC, kemudian dilanjutkan oleh Dr. John Jarstad, beliau sahabat seperguruan Dr. Tjahjono Gondhowiardjo dan juga Dokter Mata dari Amerika Serikat yang berperan aktif hingga kini dalam pelayanannya membantu meningkatkan kesehatan mata di Indonesia bersama LDSC. 

Penatua Trip Meredith mewakili LDSC menyerahkan plakat penghargaan kepada Dr. Tjahjono Gondhowiardjo, kemudian diikuti oleh Penatua Djarot Subiantoro selaku perwakilan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir yang menyerahkan 150 formulir pendaftaran calon donor mata yang telah dikumpulkan dari anggota gereja dengan harapan masih akan disusul lebih banyak lagi calon-calon donor mata yang lain.

Acara ini dihadiri oleh keluarga, kerabat dan kolega dari Dr. Tjahjono Gondhowiardjo,  Bank Mata Indonesia, anggota DPRD Bogor, para wartawan televisi maupun cetak serta tamu undangan lainnya. 

Sebagai ketua Yayasan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, Bapak Subandriyo memberikan sambutan penutup dengan mengutip perkataan Gus Dur yang berpesan: “Tidak penting apapun agama dan sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, Orang tidak pernah tanya apa agamamu”.

Rencana selanjutnya, LDSC akan terus mengajak para anggota gereja untuk mewujudkan perbuatan kasih dengan membantu sesama, salah satunya dengan menjadi calon donor kornea mata. Bank Mata Indonesia juga membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi calon donor kornea mata, sehingga akan lebih banyak orang buta yang memiliki harapan kembali untuk dapat melihat dunia.

Berikut adalah tautan untuk mengetahui lebih banyak tentang LDS Charities dan Bank Mata Indonesia,

LDSC

Bank Mata Indonesia

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.