Rilis Berita

Pemeriksaan Mata Gratis Bagi Warga Solo

Anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir telah menyelenggarakan pemeriksaan mata gratis kepada hampir 300 warga tetangga mereka.

Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, bekerja sama dengan dengan departemen Ophthalmology Universitas Gadjah Mada dan Pengurus Kelurahan Punggawan baru-baru ini mensponsori klinik  Pemeriksaan mata gratis di Solo. 

Ketika klinik dibuka, puluhan orang telah berbaris untuk menerima tes pemeriksaan gratis, resep, dan kacamata baca. Meskipun peminatnya banyak, pasien, para relawan, dan mahasiswa/i magang melayani dengan sopan dan kooperatif.

Sewaktu Bapak Poernomo menyambut para tamu dan pasien, ia juga memperkenalkan dukungan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir. 

Prof. Dr. Suhardjo (kiri) adalah Wakil Dekan Mahasiswa dan Ketua Departemen Ophthalmology di Universitas Gadjah Mada. Di sini ia bersama Bapak dan Ibu Sumadi yang  mewakili Kepala Kelurahan Punggawan, dan Presiden Budi Susanto, Presiden Pasak Surakarta Gereja. 

Bapak Danardono selaku Ketua RW 06 Punggawan menyambut para tamu, didampingi oleh Pres. Budi dan bapak Sumadi (Kepala Kelurah Punggawan). Bapak Djoko Poernomo dan Saudara Surono, seorang relawan dari Gereja yang datang untuk membantu pasien, sedang beristirahat namun tetap siap untuk membantu jika diperlukan.

Paul Simanungkalit, Direktur Urusan Umum Dewan Nasional Gereja Public Affairs Indonesia, menyambut Bapak Utomo Sumarso, perwakilan dari Ketua RT 03 RW 06 Punggawan. Warga yang sudah mengambil nomor antrian untuk pemeriksaan mata gratis menunggu dengan sabar dan riang.

Salah satu mahasiswa/i magang dengan  bangga mengenakan kemeja Ophthalmology  sewaktu memeriksa pasien. Ada empat  mahasiswa kedokteran yang siap sedia melayani di klinik peeriksaan mata gratis. Mahasiswa/i magang sedang mengevaluasi penglihatan jarak dekat setiap pasien untuk menentukan apa yang diperlukan sehingga mereka bisa melihat dengan jelas saat membaca.

Mahasiwa/i magang merakit beberapa kombinasi lensa yang diujikan pada pasien untuk menemukan ukuran terbaik yang akan meningkatkan penglihatan mereka. Pasien juga membaca grafik bacaan untuk memeriksa penglihatan jarak jauh. Seberapa jauh Anda bisa membaca? 
 

Para mahasiswa/i magang memberikan perhatian yang khusus dan penuh kepada setiap pasien. Jika seorang pasien ditemukan memiliki katarak, mahasiswa/i magang mencatat  nama mereka dan memberitahu pasien tersebut bahwa operasi gratis untuk memperbaiki katarak tersedia melalui Universitas.

Mahasiswa/i magang dan para relawan  memberikan layanan yang sama secara baik dan peduli untuk setiap pasien. Jika diperlukan, pasien menerima resep untuk kacamata kustom yang akan diberikan/dikirimkan  dalam beberapa hari.

Setelah pasien menyelesaikan pemeriksaan mata, mereka masuk ke ruangan lain untuk menerima kacamata baca gratis. Para relawan membantu pasien memilih kacamata baca yang pas dan terbaik setelah menguji penglihatan mereka.

Saudara Coki Simanungkalit, anggota dari Lingkungan Gereja Solo Banjarsari berhasil mengkoordinasi persiapan dan kegiatan pengawasan pemeriksaan mata gratis dengan baik. 

Kacamata baca gratis dengan berbagai ukuran yang berbeda tersedia untuk memenuhi kebutuhan pasien. Pasien mencoba ukuran yang berbeda dari kacamata baca dan memilih ukuran yang pas dan jenis yang mereka sukai. 

Setiap pasien menerima kotak makan siang gratis setelah menyelesaikan semua tes dan menerima kacamata baca. Pada pemeriksaan mata gratis ini, lebih dari 280 warga menerima perawatan mata, termasuk evaluasi, diagnosis, kacamata baca gratis, dan rujukan untuk operasi katarak yang diperlukan.

Layanan ini dimungkinkan karena kemurahan hati Departemen Ophthalmology Universitas Gadjah Mada dan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir serta LDS Charities. Sebagai hasilnya, mereka yang berpartisipasi akan "melihat kehidupan dalam cahaya yang lebih baik".

Untuk informasi lebih lanjut tentang program-program Gereja di seluruh dunia dan upaya untuk memperbaiki penglihatan masyarakat, kunjungi https://www.ldscharities.org/. 

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.