Tanggap Darurat Gempa, LDS Charities Distribusikan Bantuan Kemanusiaan di Pulau Lombok

Rilis Berita
 

LDS Charities bekerjasama dengan Komunitas IOF dan anggota Gereja Yesus Kristus Dari Orang–Orang Suci Zaman Akhir Cabang Bali menyerahkan sejumlah bantuan kemanusiaan kepada Desa Bayan di Lombok Utara yang berpenduduk sekitar 1.500an kepala keluarga.

Bantuan berupa peralatan sekolah, makanan kering, peralatan kebersihan tubuh, terpal untuk tenda dan tikar yang dibawa dari Bali diserahkan oleh Relawan Pasutri LDS Charities, Penatua dan Sister Lee kepada Bapak Hasan Basri, koordinator Posko Gempa Desa Bayan.

Desa Bayan adalah salah satu Desa di Kabupaten Lombok Utara yang mengalami kerusakan cukup parah akibat gempa berkekuatan 7,0SR pada 05 Agustus 2018 lalu. Sejumlah rumah nampak rata dengan tanah dan beberapa fasilitas publik seperti rumah ibadah, balai kesehatan warga serta sekolahan mengalami kerusakan yang berimbas pada tidak berfungsinya fasilitas–fasilitas tersebut untuk sementara waktu.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada LDSC yang telah datang dari jauh membawa bantuan kemanusiaan untuk penduduk desa kami ini. Kami memiliki sekitar 300an anak–anak balita dan puluhan lansia yang sangat membutuhkan bantuan, terutama suplai medis dan pendampingan untuk pemulihan trauma pasca gempa. Kerusakan amatlah merata di Desa Bayan ini dan kami hanya berharap dapat membangun kembali rumah-rumah kami yang rusak maupun hancur total," ujar Bapak Hasan Basri.

Sementara itu Elder Lee menyampaikan bahwa bantuan yang sudah diberikan ini bersifat darurat dan awal. “LDS Charities sedang berupaya mengoordinasikan bantuan kemanusiaan tambahan dalam skala yang lebih besar untuk para korban gempa di wilayah lainnya di Lombok, termasuk salah satunya menjajaki kemungkinan memberikan bantuan pemulihan sosio-psikologis pasca gempa, terutama bagi anak-anak balita.”

Dalam kesempatan yang sama Presiden dan Sister Mackay yang turut serta mendistribusikan bantuan kemanusiaan ini menyampaikan, “Hati kami sangat tersentuh menyaksikan dampak bencana gempa di Pulau Lombok ini. Kami berdoa bagi keluarga dan korban gempa, sangatlah penting agar kita semua dapat bersama-sama menjangkau dan saling membantu semaksimal mungkin.”

Gempa berkekuatan 7,0SR yang mengguncang Pulau Lombok baru–baru ini mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah penduduk, bangunan, fasilitas publik seperti sekolah, jalan raya, jembatan, dan juga sentra kesehatan masyarakat. Hingga saat ini pihak pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan sejumlah relawan dari LSM dan organisasi kemasyarakatan masih terus bahu-membahu menghimpun dan menyalurkan bantuan tanpa henti ke sejumlah wilayah yang mengalami kerusakan.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.