Topik

Ketertarikan dengan Sesama Jenis

Berlanjutnya perdebatan publik mengenai pernikahan sesama jenis telah menimbulkan banyak pertanyaan dari media berita, masyarakat umum dan anggota Gereja sehubungan dengan posisi Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir tentang isu pernikahan secara khusus dan tentang homoseksualitas secara umum.

Wawancara berikut ini dilakukan pada tahun 2006 dengan Penatua Dallin H. Oaks, seorang anggota Kuorum Dua Belas Rasul Gereja, dan Penatua Lance B. Wickman, seorang anggota Tujuh Puluh. Para pemimpin senior Gereja ini menanggapi pertanyaan dari dua anggota staf Urusan Kemasyarakatan Gereja. Transkrip wawancara muncul di bawah untuk membantu mengklarifikasi sikap Gereja tentang isu-isu penting, kompleks dan sensitif ini.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Pada awalnya, dapatkah Anda menjelaskan mengapa keseluruhan isu homoseksualitas dan pernikahan sesama jenis ini penting bagi Gereja?

PENATUA OAKS: Ini jauh lebih besar dari sekadar pertanyaan apakah masyarakat harus atau tidak menjadi lebih toleran terhadap gaya hidup homoseksual. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat tekanan bertubi-tubi dari para pendukung gaya hidup itu untuk menerima apa yang tidak wajar sebagai hal yang wajar, dan untuk mengenali mereka yang tidak setuju sebagai berpikiran sempit, fanatik dan tidak masuk akal. Para pendukung itu cepat menuntut kebebasan berbicara dan berpikir bagi diri mereka sendiri, tetapi sama cepatnya mengkritik mereka yang berpendapat berbeda dan, jika mungkin, membungkam mereka dengan menerapkan label seperti “homofobia.” Di setidaknya satu negara di mana para aktivis homoseksual telah memenangkan konsesi besar, kami bahkan telah melihat seorang pastor gereja diancam dengan hukuman penjara karena berkhotbah dari mimbar bahwa perilaku homoseksual adalah dosa. Mengingat tren ini, Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir harus mengambil sikap dalam doktrin dan asas. Ini adalah lebih dari isu sosial—pada akhirnya itu dapat menjadi ujian bagi kebebasan beragama kami yang paling mendasar untuk mengajarkan apa yang kami tahu Bapa Surgawi kami ingin kami ajarkan.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Katakanlah putra saya yang berusia 17 tahun datang untuk berbicara kepada saya dan, setelah bersusah payah berusaha mengeluarkannya, memberi tahu saya bahwa dia percaya bahwa dia tertarik pada pria—bahwa dia tidak tertarik dan tidak pernah tertarik pada wanita. Dia percaya dia mungkin gay. Dia berkata bahwa dia telah berusaha menekan perasaan ini. Dia telah tetap selibat, tetapi dia menyadari bahwa perasaannya akan menghancurkan keluarganya karena kami selalu berbicara tentang misi Gereja-nya, tentang pernikahannya di bait suci dan semua hal seperti itu. Dia hanya merasa dia tidak sanggup lagi menjalani apa yang dia pikir adalah suatu kebohongan, jadi dia datang dalam cara yang sangat meresahkan dan tertekan ini. Apa yang saya katakan kepadanya sebagai orang tua?

PENATUA OAKS: Anda putra saya. Anda akan selalu menjadi putra saya, dan saya akan selalu ada untuk membantu Anda.

Perbedaan antara perasaan atau kecenderungan di satu sisi, dan perilaku di sisi lain, sangatlah jelas. Bukanlah dosa untuk memiliki kecenderungan yang jika dituruti akan menghasilkan perilaku yang akan menjadi pelanggaran. Dosa adalah jika menuruti godaan itu. Godaan tidak unik. Bahkan Juruselamat pernah dicobai.

Perjanjian Baru menegaskan bahwa Allah telah memberikan perintah-perintah yang sulit untuk dilaksanakan kepada kita. Ini ada di dalam 1 Korintus 10, ayat 13: “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Saya pikir ini penting bagi Anda untuk memahami bahwa homoseksualitas, yang telah Anda bicarakan, bukanlah suatu kata benda yang menggambarkan suatu kondisi. Itu adalah kata sifat yang menggambarkan perasaan atau perilaku. Saya mendorong Anda, sewaktu Anda bergumul dengan tantangan ini, untuk tidak memikirkan diri Anda sebagai ‘sesuatu’ atau ‘yang lain,’ selain bahwa Anda adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dan Anda adalah putra saya, dan bahwa Anda sedang bergumul dengan tantangan-tantangan.

Setiap orang memiliki beberapa tantangan yang mereka harus hadapi. Anda telah menggambarkan suatu jenis tantangan yang sangat menyusahkan. Itu adalah umum dalam masyarakat kita dan itu juga telah dipolitisasi. Namun itu hanya satu dari banyak tantangan yang harus dihadapi pria dan wanita, dan saya hanya mendorong Anda untuk mencari pertolongan Juruselamat untuk menolak godaan dan untuk menahan diri dari perilaku yang akan mengharuskan Anda untuk bertobat atau yang akan mempertanyakan keanggotaan Anda dalam Gereja.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Jika seseorang memiliki dorongan heteroseksual yang sangat kuat, ada kesempatan untuk menikah. Jika seorang pria muda berpikir dia gay, apa yang benar-benar kita katakan kepadanya adalah bahwa tidak ada cara lain kecuali untuk menjadi selibat seumur hidupnya jika dia tidak merasa tertarik pada wanita?

PENATUA OAKS: Itu hal yang sama yang kita katakan kepada banyak anggota yang tidak memiliki kesempatan untuk menikah. Kami mengharapkan selibat dari siapa pun yang tidak menikah.

PENATUA WICKMAN: Kita hidup dalam masyarakat yang begitu penuh dengan seksualitas yang mungkin lebih menyusahkan sekarang, karena fakta itu, untuk seseorang melihat melampaui orientasi jenis kelamin mereka ke aspek-aspek lain dari siapa diri mereka. Saya berpikir saya akan mengatakan kepada putra Anda atau siapa pun yang begitu menderita untuk berupaya memperluas wawasan Anda lebih dari sekadar orientasi jenis kelamin. Temukan pemenuhan dalam banyak aspek lainnya dari karakter Anda dan kepribadian Anda dan sifat Anda yang melampaui itu. Tidak ada penyangkalan bahwa orientasi jenis kelamin seseorang adalah satu karakteristik inti dari setiap orang, tetapi itu bukan satu-satunya.

Terlebih lagi, hanya memiliki kecenderungan tidak mendiskualifikasikan seseorang untuk aspek apa pun dari partisipasi atau keanggotaan Gereja, kecuali mungkin pernikahan sebagaimana yang telah dibicarakan. Namun bahkan itu, dalam kepenuhan kehidupan sebagaimana yang kita pahami melalui ajaran Injil yang dipulihkan, pada akhirnya dapat menjadi mungkin.

Dalam kehidupan ini, hal-hal seperti pelayanan dalam Gereja, termasuk pelayanan misionaris, kesemuanya ini tersedia bagi siapa saja yang setia pada perjanjian-perjanjian dan perintah-perintah.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Jadi Anda mengatakan bahwa perasaan homoseksual dapat dikendalikan?

PENATUA OAKS: Ya, perasaan homoseksual dapat dikendalikan. Mungkin ada kecenderungan atau kerentanan untuk perasaan seperti itu yang adalah nyata bagi sebagian orang dan tidak nyata bagi yang lain. Namun, dari kerentanan itu timbul perasaan, dan perasaan dapat dikendalikan. Jika kita menuruti perasaan, itu meningkatkan kekuatan cobaan. Jika kita menyerah pada godaan, kita telah melakukan perilaku berdosa. Pola itu adalah sama bagi seseorang yang menginginkan harta benda orang lain dan memiliki godaan yang kuat untuk mencuri. Itu adalah sama bagi seseorang yang mengembangkan selera untuk alkohol. Itu adalah sama bagi seseorang yang lahir dengan ‘sumbu yang pendek,’ panggilan yang kita berikan kepada orang yang lekas marah. Jika mereka membiarkan kerentanan itu tetap tidak dikendalikan, itu menjadi perasaan marah, dan perasaan marah dapat menghasilkan perilaku yang berdosa dan ilegal.

Kita tidak berbicara tentang suatu tantangan yang unik di sini. Kita berbicara tentang suatu kondisi umum moralitas. Kita tidak memahami persis ‘mengapa,’ atau sejauh mana ada kecenderungan atau kerentanan dan sebagainya. Namun apa yang kita tahu adalah bahwa perasaan dapat dikendalikan dan perilaku dapat dikendalikan. Garis dosa berada di antara perasaan dan perilaku. Garis kearifan berada di antara kerentanan dan perasaan. Kita harus berpegang pada perasaan dan berusaha mengendalikannya untuk menjauhkan kita dari keadaan yang mengarah ke perilaku berdosa.

PENATUA WICKMAN: Salah satu cara berpikir yang menyesatkan di zaman kita, saya pikir, adalah bahwa hanya karena seseorang memiliki kecenderungan untuk melakukan sesuatu, bahwa oleh karena itu bertindak sesuai dengan kecenderungan itu tidak bisa dihindari. Itu bertentangan dengan sifat kita sebagaimana yang telah Tuhan ungkapkan kepada kita. Kita memiliki kekuatan untuk mengendalikan perilaku kita.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Jika kita melihat kembali pada seseorang yang memiliki ‘sumbu yang pendek,’ dan kita melihat pada orang tua mereka yang mungkin juga memiliki sumbu yang pendek, beberapa mungkin mengenali pengaruh genetik di dalamnya.

PENATUA OAKS: Tidak, kami tidak menerima fakta bahwa kondisi yang mencegah orang-orang dari mencapai tujuan kekal mereka lahir ke dalamnya tanpa memiliki kemampuan untuk mengendalikannya. Itu bertentangan dengan Rencana Keselamatan, dan itu bertentangan dengan keadilan dan kemurahan hati Allah. Itu bertentangan dengan keseluruhan ajaran Injil Yesus Kristus, yang mengungkapkan kebenaran bahwa oleh atau melalui kuasa dan belas kasihan Yesus Kristus kita akan memiliki kekuatan untuk melakukan segala sesuatu. Itu termasuk menahan godaan. Itu termasuk mengatasi hal-hal yang kita bawa sejak lahir, termasuk cacat tubuh, atau ketidakmampuan mental atau jasmani. Tidak ada satu pun dari ini yang menghalangi jalan kita dalam mencapai tujuan kekal kita. Hal yang sama dapat dikatakan tentang kerentanan atau kecenderungan untuk suatu perilaku atau lainnya yang jika menyerah padanya akan mencegah kita dari mencapai tujuan kekal kita.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Anda mengatakan bahwa Gereja tidak benar-benar memiliki posisi mengenai ‘pengasuhan atau pembawaan’

PENATUA OAKS: Di situlah ajaran kita berperan. Gereja tidak memiliki posisi tentang penyebab setiap kerentanan atau kecenderungan ini, termasuk yang terkait dengan ketertarikan dengan sesama jenis. Itu adalah pertanyaan ilmiah—baik bawaan maupun asuhan—itu adalah hal-hal yang Gereja tidak memiliki posisi mengenainya.

PENATUA WICKMAN: Baik itu bawaan maupun asuhan benar-benar menimbulkan pertanyaan penting, dan keasyikan dengan bawaan atau asuhan dapat, menurut saya, menuntun seseorang jauh dari asas-asas yang telah dijelaskan Penatua Oaks di sini. Mengapa seseorang memiliki ketertarikan dengan sesama jenis... siapa yang tahu? Tetapi apa yang penting adalah fakta bahwa kita tahu kita dapat mengendalikan bagaimana kita berperilaku, dan perilaku adalah yang penting.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apakah terapi apa pun adalah tindakan yang sah jika kita berbicara tentang mengendalikan perilaku? Jika seorang pria muda berkata, “Lihat, saya benar-benar ingin perasaan ini pergi... saya akan melakukan apa pun agar perasaan ini pergi,” apakah sah untuk mencari terapi klinis yang akan mengatasi isu-isu itu?

PENATUA WICKMAN: Yah, mungkin pantas bagi orang itu untuk mencari terapi. Tentu saja Gereja tidak menasihati menentang terapi seperti itu. Namun dari sudut pandang orang tua yang menasihati seseorang, atau pemimpin Gereja yang menasihati seseorang, atau seseorang yang melihat ke ketertarikan sesama jenis yang dia miliki dari sudut pandang “Apa yang dapat saya lakukan tentang itu di sini yang sesuai dengan ajaran Injil?’ sisi klinisnya bukan apa yang terpenting. Apa yang terpenting adalah pengakuan bahwa ‘Saya memiliki kehendak saya sendiri. Saya memiliki hak pilihan saya sendiri. Saya memiliki kuasa dalam diri saya untuk mengendalikan apa yang saya lakukan.’

Sekarang, itu tidak berarti itu tidak pantas bagi seseorang dengan penderitaan itu untuk mencari bantuan klinis yang tepat untuk menguji apakah dalam kasusnya ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Ini adalah isu yang bagi mereka dalam profesi psikiatri dan psikologi telah perdebatkan. Studi kasus yang saya percaya telah menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus telah terjadi kemajuan dalam membantu seseorang untuk mengubah orientasi itu; di beberapa kasus tidak. Dari sudut pandang Gereja, dari sudut pandang perhatian kami kepada orang-orang, itu bukan di mana kita menempatkan fokus utama kami. Itu berada pada hal lainnya.

PENATUA OAKS: Saya setuju. Izinkan saya menambahkan satu pemikiran lagi. Gereja jarang mengambil posisi mengenai teknik perawatan mana yang tepat, untuk dokter atau untuk psikiater atau psikolog dan sebagainya.

Poin kedua adalah bahwa ada praktik-praktik menyimpang yang telah digunakan sehubungan dengan banyak sikap atau perasaan mental. Pengobatan sehubungan dengan depresi adalah contoh yang terpikirkan. Terapi permusuhan yang telah digunakan sehubungan dengan ketertarikan dengan sesama jenis telah berisi beberapa pelanggaran serius yang telah diakui dari waktu ke waktu di dalam profesi itu. Sementara kami tidak memiliki posisi tentang apa yang para dokter lakukan (kecuali dalam kasus yang sangat langka—misalnya aborsi), kami sadar bahwa ada penyalahgunaan dan kami tidak menerima tanggung jawab untuk penyalahgunaan itu. Meskipun itu ditujukan untuk membantu orang-orang yang ingin kami lihat menerima bantuan, kami tidak dapat mendukung setiap jenis teknik yang telah digunakan.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apakah pernikahan heteroseksual pernah merupakan pilihan bagi mereka dengan perasaan homoseksual?

PENATUA OAKS: Terkadang kami ditanyakan tentang apakah pernikahan adalah obat untuk perasaan ini yang telah kita bicarakan. Presiden Hinckley, dihadapkan dengan fakta bahwa ternyata beberapa percaya itu adalah obat, dan mungkin bahwa beberapa pemimpin Gereja bahkan telah menyarankan pernikahan sebagai obat untuk perasaan ini, membuat pernyataan ini: “Pernikahan hendaknya tidak dipandang sebagai langkah terapi untuk memecahkan masalah seperti kecenderungan atau praktik homoseksual.” Bagi saya, itu berarti bahwa kita tidak akan tinggal diam meresikokan para putri Allah yang akan memasuki pernikahan seperti itu dengan alasan palsu atau di bawah awan yang tidak mereka ketahui. Orang-orang yang memiliki tantangan seperti ini yang tidak dapat mereka kendalikan tidak dapat memasuki pernikahan dengan itikad baik.

Di sisi lain, orang-orang yang telah membersihkan diri mereka dari segala pelanggaran dan yang telah menunjukkan kemampuan mereka untuk mengatasi perasaan atau kecenderungan ini dan menempatkannya di latar belakang, dan merasakan ketertarikan luar biasa untuk seorang putri Allah dan karena itu berhasrat untuk memasuki pernikahan dan memiliki anak-anak serta menikmati berkat-berkat kekekalan—itu adalah situasi di mana pernikahan akan tepat.

Presiden Hinckley berkata bahwa pernikahan bukanlah langkah terapi untuk memecahkan masalah.

PENATUA WICKMAN: Satu pertanyaan yang mungkin diajukan oleh seseorang yang sedang bergumul dengan ketertarikan dengan sesama jenis, “Apakah ini sesuatu di mana saya akan menjadi terjebak selamanya? Apa hubungan ini dengan kehidupan kekal? Jika saya entah bagaimana bisa melewati kehidupan ini, ketika saya muncul di sisi lain, akan menjadi seperti apa saya?”

Syukurnya, jawabannya adalah ketertarikan dengan sesama jenis tidak ada dalam kehidupan pra-dunia dan tidak akan ada dalam kehidupan selanjutnya. Itu adalah keadaan yang karena alasan apa pun tampaknya berlaku sekarang dalam kefanaan, dalam nano-detik ini dari keberadaan kekal kita.

Kabar baiknya adalah bagi seseorang yang sedang bergumul dengan ketertarikan dengan sesama jenis adalah ini: 1) Itu bukan ‘Saya terjebak di dalamnya selamanya.’ Itu hanya sekarang. Memang, bagi setiap dari kita, terkadang sulit untuk melihat melampaui ‘sekarang’. Namun tetap saja, jika Anda melihat kefanaan sebagai sekarang, itu hanya selama musim ini. 2) Jika saya dapat menjaga kelayakan saya di sini, jika saya dapat tetap setia pada perintah-perintah Injil, jika saya dapat menjalankan perjanjian yang telah saya buat, berkat-berkat permuliaan dan kehidupan kekal yang Bapa Surgawi tawarkan kepada semua anak-Nya berlaku bagi saya. Setiap berkat—termasuk pernikahan kekal—adalah dan akan menjadi milik saya pada waktunya.

PENATUA OAKS: Perkenankan saya menambahkan sedikit pemikiran tambahan. Tidak ada kepenuhan sukacita dalam kehidupan selanjutnya tanpa unit keluarga, termasuk suami, istri, dan keturunan. Lebih lanjut, manusia ada agar mereka boleh merasakan sukacita. Dalam perspektif kekal, kegiatan dengan sesama jenis hanya akan mendatangkan duka dan kesedihan serta kehilangan kesempatan kekal.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Beberapa saat lalu, Penatua Oaks, Anda berbicara tentang standar moralitas yang sama bagi heteroseksual dan homoseksual. Bagaimana Anda akan menanggapi seseorang yang berkata kepada Anda, ‘Saya paham itu standar yang sama, tetapi bukankah kita meminta lebih banyak dari seseorang yang memiliki ketertarikan dengan sesama jenis?’ Tentu saja ada orang-orang heteroseksual yang tidak mau menikah, tetapi maukah Anda menerima bahwa mereka setidaknya memiliki harapan bahwa ‘besok saya dapat bertemu dengan orang impian saya.’ Selalu ada harapan bahwa itu dapat terjadi kapan pun dalam kehidupan mereka. Seseorang dengan ketertarikan dengan sesama jenis belum tentu memiliki harapan yang sama.

PENATUA OAKS: Ada perbedaan, tentu saja, tetapi perbedaan ini tidaklah unik. Ada orang-orang disfabel yang mencegah mereka dari memiliki harapan—dalam beberapa kasus harapan nyata dan dalam kasus lainnya harapan praktis—dari pernikahan. Keadaan tidak dapat menikah sekarang, walaupun tragis, tidaklah unik.

Terkadang dikatakan bahwa Allah tidak dapat mendiskriminasikan individu dalam situasi seperti ini. Namun kehidupan penuh dengan kelemahan jasmani yang dapat sebagian orang lihat sebagai diskriminasi—kelumpuhan total atau gangguan mental yang serius adalah dua yang relevan dengan pernikahan. Jika kita percaya kepada Allah dan percaya pada belas kasihan-Nya dan keadilan-Nya, tidak dapat dikatakan bahwa ini adalah diskriminasi karena Allah tidak akan mendiskriminasi. Kita tidak berhak menilai apa itu diskriminasi. Kami bersandar pada iman kami kepada Allah dan jaminan terbaik dari belas kasihan-Nya dan kasih-Nya bagi semua anak-Nya.

PENATUA WICKMAN: Sebenarnya tidak ada pertanyaan bahwa ada penderitaan yang berhubungan dengan ketidakmampuan untuk menikah dalam kehidupan ini. Kami berempati dengaan seseorang yang mengalami penderitaan itu. Saya berempati dengan seseorang yang mengalami penderitaan itu. Namun itu tidak terbatas pada seseorang yang memiliki ketertarikan dengan sesama jenis.

Kita hidup di zaman yang sangat egois. Saya rasa itu manusiawi untuk memikirkan masalah saya sendiri sebagai sesuatu yang lebih besar daripada masalah orang lain. Saya pikir ketika siapa pun dari kita mulai berpikir seperti itu, adalah baik untuk melihat melampaui diri kita sendiri. Siapa saya untuk berkata bahwa saya lebih cacat, atau lebih menderita, daripada orang lain?

Saya kebetulan memiliki seorang putri yang cacat. Dia seorang gadis cantik. Dia akan berusia 27 minggu depan. Namanya Courtney. Courtney tidak akan pernah menikah dalam kehidupan ini, namun dia melihat dengan sedih kepada orang-orang yang bisa. Dia akan berdiri di jendela kantor saya yang menghadap Bait Suci Salt Lake dan memandangi para pengantin wanita dan suami baru mereka sewaktu foto mereka diambil. Dia langsung terpesona oleh itu dan disedihkan karena Courtney memahami itu tidak akan menjadi pengalamannya di sini. Courtney tidak meminta keadaan yang ke dalamnya dia dilahirkan, sama seperti yang dirasakan oleh seseorang dengan ketertarikan dengan sesama jenis. Jadi ada banyak jenis penderitaan yang dapat dialami orang-orang, bahkan yang hanya berkaitan dengan masalah pernikahan ini. Apa yang kita nanti-nantikan, dan janji besar Injil, adalah bahwa apa pun kecenderungan kita di sini, apa pun kekurangan kita di sini, apa pun yang menghalangi kepenuhan sukacita kita di sini, kita memiliki jaminan Tuhan bagi setiap dari kita bahwa itu pada waktunya akan dihapus. Kita hanya perlu tetap setia.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Penatua Wickman, ketika Anda sebelumnya merujuk pada pelayanan misionaris, Anda menyatakan bahwa itu sebagai kemungkinan bagi seseorang yang merasakan ketertarikan dengan sesama jenis tetapi tidak menindakinya. Presiden Hinckley telah berkata bahwa jika orang-orang setia, mereka pada dasarnya dapat maju seperti yang lainnya dalam Gereja dan menerima penemanan penuh. Apa sebenarnya arti itu? Apakah itu berarti pelayanan misionaris? Apakah itu berarti bahwa seseorang dapat pergi ke bait suci, setidaknya untuk tata cara-tata cara yang tidak melibatkan pernikahan? Apakah itu sebenarnya berarti bahwa seseorang dengan ketertarikan dengan sesama jenis selama mereka setia, memiliki segala kesempatan untuk berperan serta, untuk dipanggil melayani, untuk melakukan segala sesuatu yang dapat orang lain lakukan?

PENATUA WICKMAN: Saya pikir jawaban singkat untuk itu adalah ya! Saya menantikan Penatua Oaks untuk menguraikannya.

PENATUA OAKS: Presiden Hinckley telah membantu kami pada pokok bahasan itu dengan pernyataan jelas yang menjawab semua pertanyaan semacam itu. Dia berkata, “Kami mengasihi mereka (merujuk pada orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan sesama jenis) sebagai para putra dan putri Allah. Mereka mungkin memiliki kecenderungan tertentu yang kuat dan dapat menjadi sulit untuk dikendalikan. Jika mereka tidak menindaki kecenderungan ini, maka mereka dapat maju seperti semua anggota lainnya Gereja.”

Bagi saya itu berarti bahwa seseorang dengan kecenderungan ini, di mana itu dikendalikan, atau, jika dilakukan dan dipertobatkan sebagaimana mestinya, berhak untuk melakukan apa pun dalam Gereja yang dapat dilakukan oleh anggota lajang lainnya dalam Gereja. Terkadang, ada jabatan, seperti jabatan uskup, di mana seseorang harus menikah. Namun itu lebih seperti pengecualian dalam Gereja. Setiap posisi mengajar, setiap posisi misionaris dapat dipegang oleh orang lajang. Kami menyambut pelayanan seperti itu dari orang-orang yang sedang bergumul dengan godaan apa pun ketika pergumulannya adalah pergumulan yang baik dan mereka menjalaninya demi menjadi guru, atau misionaris, atau apa pun pemanggilan mereka dengan sebaik-baiknya.

PENATUA WICKMAN: Bukankah itu sebenarnya makna dari Pendamaian dalam kehidupan seseorang? Bukankah Pendamaian sebenarnya mulai bermakna sesuatu bagi seseorang ketika dia berusaha untuk mengatasi tantangan kehidupan, baik itu godaan maupun keterbatasan? Kesediaan untuk berpaling kepada Juruselamat, kesempatan untuk menghadiri pertemuan sakramen pada hari Minggu, dan benar-benar berpartisipasi dalam tata cara sakramen... mendengarkan doa, mengambil lambang-lambang sakral itu. Itu adalah kesempatan yang benar-benar membantu kita untuk masuk ke dalam lingkup Pendamaian Juruselamat. Dilihat seperti itu, maka setiap kesempatan untuk melayani dalam Gereja adalah berkat. Seperti yang telah disebutkan, ada sangat sedikit pemanggilan dalam Gereja yang mengharuskan pernikahan.

PENATUA OAKS: Ada satu hal lagi untuk ditambahkan di sini, dan ini datang dari pernyataan baru-baru ini dari Presidensi Utama, yang merupakan gambaran luar biasa dari sikap kami dalam hal ini: “Kami dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir menjangkau dengan pemahaman dan rasa hormat bagi orang-orang yang tertarik dengan sesama jenis. Kami menyadari mungkin ada kesepian luar biasa dalam kehidupan mereka, tetapi juga harus ada pengakuan apa yang benar di hadapan Tuhan.”

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apa yang akan Anda katakan kepada anggota masyarakat, anggota Gereja, yang melihat ketertarikan dengan sesama jenis sebagai berbeda dari godaan lainnya, dari pergumulan lainnya yang orang lain hadapi? Pertama-tama, apakah Anda pikir itu penilaian yang adil bahwa sebagian orang memiliki perasaan itu? Apa yang akan Anda katakan kepada mereka?

PENATUA OAKS: Saya pikir itu adalah pernyataan akurat untuk mengatakan bahwa sebagian orang menganggap perasaan ketertarikan dengan sesama jenis menjadi fakta yang mendefinisikan keberadaan mereka. Ada juga orang-orang yang menganggap fakta yang mendefinisikan keberadaan mereka bahwa mereka berasal dari Texas atau bahwa mereka anggota Marinir Amerika Serikat. Atau mereka berambut merah, atau mereka adalah pemain bola basket terbaik yang pernah bermain untuk sekolah ini dan itu. Orang-orang dapat mengadopsi suatu karakteristik sebagai contoh yang mendefinisikan keberadaaan mereka dan seringkali karakteristik itu bersifat jasmani.

Kita memiliki hak pilihan untuk memilih karakteristik mana yang akan mendefinisikan kita; pilihan itu tidak dipaksakan ke atas diri kita.

Fakta utama yang mendefinisikan bagi kita semua adalah bahwa kita adalah anak-anak Orang Tua Surgawi, lahir di bumi ini untuk suatu tujuan, dan lahir dengan takdir ilahi. Kapan pun gagasan lain, apa pun itu, menghalangi fakta utama yang mendefinisikan itu, maka itu adalah merusak dan menuntun kita ke jalan yang salah.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Anda berdua telah menyebutkan isu belas kasih dan perasaan ini tentang perlu berbelas kasih. Mari kita percepat dengan skenario yang kita gunakan sebelumnya, dan anggap ini beberapa tahun kemudian. Percakapan saya dengan putra saya, semua upaya kami untuk mengasihi putra kami dan menjaganya tetap dalam Gereja telah gagal untuk menanggapi apa yang dia lihat sebagai masalah utamanya—bahwa dia tidak dapat mengendalikan perasaannya. Dia sekarang telah memberi tahu kami bahwa dia akan pindah dari rumah. Dia berencana untuk tinggal bersama seorang teman gay. Dia bersikeras tentang hal itu. Apa yang harus menjadi tanggapan yang pantas dari orang tua Orang Suci Zaman Akhir dalam situasi itu?

PENATUA OAKS: Terlihat bagi saya bahwa orang tua Orang Suci Zaman Akhir memiliki tanggung jawab dalam kasih dan kelembutan untuk menegaskan ajaran Tuhan melalui para nabi-Nya bahwa tindakan yang akan dia mulai adalah berdosa. Sementara menegaskan kasih kami yang berkelanjutan baginya, dan menegaskan bahwa keluarga terus ada baginya, saya pikir adalah baik untuk meninjau dengannya sesuatu seperti yang berikut ini, yang adalah pernyataan Presidensi Utama pada tahun 1991; “Hukum perilaku moral dari Tuhan adalah berpantang di luar pernikahan sah dan kesetiaan dalam pernikahan. Hubungan seksual hanya pantas antara suami dan istri, yang dinyatakan secara tepat dalam ikatan pernikahan. Setiap perilaku seksual lainnya, termasuk percabulan, perzinaan, dan homoseksual serta lesbian adalah dosa. Mereka yang meneruskan praktik itu atau memengaruhi orang lain untuk melakukannya akan dikenakan pendisiplinan Gereja.”

Tanggung jawab pertama saya sebagai ayah adalah untuk memastikan bahwa dia memahami itu, dan kemudian untuk berkata kepadanya, “Putraku, jika Anda memilih untuk sengaja terlibat dalam perilaku seperti ini, Anda masih putra saya. Pendamaian Yesus Kristus cukup kuat untuk menjangkau dan membersihkan Anda jika Anda bertobat dan menghentikan perilaku berdosa Anda, tetapi saya mendorong Anda untuk tidak memulai di jalan itu karena pertobatan tidaklah mudah. Anda akan memulai suatu tindakan yang akan melemahkan Anda dalam kemampuan Anda untuk bertobat. Itu akan membingungkan persepsi Anda tentang apa yang penting dalam kehidupan. Akhirnya, itu dapat menyeret Anda jauh ke bawah sehingga Anda tidak dapat kembali. Jangan pergi ke jalan itu. Namun jika Anda memilih untuk pergi ke jalan itu, kami akan selalu berusaha untuk membantu Anda dan mengembalikan Anda pada jalan pertumbuhan.

PENATUA WICKMAN: Satu cara untuk membaca Kitab Mormon adalah sebagai buku pertemuan antara ayah dan putra. Beberapa dari pertemuan ini sangat positif dan memperkuat bagian ayah dari putra. Beberapa adalah kesempatan di mana seorang ayah harus memberi tahu putranya atau para putranya bahwa jalan yang sedang mereka ikuti adalah salah di hadapan Tuhan. Dengan semua itu, itu harus dilakukan dengan semangat kasih dan menyambut yang, sebagaimana Penatua Oaks sebutkan, “Anda selalu putra saya.’ Ada pepatah lama yang sangat benar bagi semua orang tua dan itu adalah, ‘Anda belum gagal sampai Anda berhenti berusaha.’ Saya pikir itu berarti keduanya baik dalam hal mengambil kesempatan yang tepat untuk mengajarkan anak jalan yang benar, tetapi selalu memastikan mereka mereka tahu bahwa di atas segalanya Anda akan mengasihi mereka.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Pada titik mana menunjukkan bahwa kasih berubah menjadi mendukung perilaku? Jika putra berkata, “Baiklah, jika Anda mengasihi saya, dapatkah saya membawa pasangan saya ke rumah untuk bertamu? Dapatkah kami mampir untuk liburan?’ Bagaimana Anda menyeimbangkan itu terhadap, misalnya, memedulikan anak-anak lain dalam rumah?’

PENATUA OAKS: Itu adalah keputusan yang harus dibuat secara individu oleh orang yang bertanggung jawab, berseru kepada Tuhan untuk ilham. Saya dapat membayangkan bahwa dalam kebanyakan keadaan orang tua akan berkata, ‘Tolong jangan lakukan itu. Jangan tempatkan kami ke dalam posisi itu.’ Tentunya jika ada anak-anak dalam rumah yang akan terpengaruh oleh contoh ini, jawabannya akan seperti itu. Ada juga faktor lainnya yang akan menjadikan itu kemungkinan jawaban.

Saya juga dapat membayangkan beberapa situasi di mana ada kemungkinan untuk berkata, ‘Ya, datang, tetapi jangan berharap untuk bermalam. Jangan berharap untuk menjadi tamu yang lama. Jangan berharap kami akan membawa kalian berjalan-jalan dan memperkenalkan kalian kepada teman-teman kami, atau untuk berurusan dengan kalian dalam situasi umum yang akan berarti persetujuan kami akan “kebersamaan” kalian.

Ada begitu banyak situasi yang berbeda, tidak mungkin untuk memberikan satu jawaban yang cocok untuk semua.

PENATUA WICKMAN: Sulit untuk membayangkan situasi yang lebih sulit untuk orang tua hadapi daripada yang satu itu. Itu adalah penentuan kasus demi kasus. Satu-satunya hal yang akan saya tambahkan ke apa yang Penatua Oaks baru saja katakan adalah bahwa saya pikir adalah penting sebagai orang tua untuk menghindari perangkap yang mungkin timbul dari kesedihan seseorang atas situasi ini.

Saya merujuk pada suatu pergeseran dari membela jalan Tuhan ke membela gaya hidup anak yang tersesat, baik dengannya maupun dengan orang lain. Memang benar jalan Tuhan adalah untuk mengasihi pendosa sementara mengutuk dosa. Itu untuk mengatakan kita terus membuka rumah kita dan hati kita serta lengan kita kepada anak-anak kita, tetapi itu tidak harus dengan menyetujui gaya hidup mereka. Itu juga tidak berarti kita harus terus-menerus memberi tahu mereka bahwa gaya hidup mereka salah. Kesalahan yang lebih besar adalah sekarang menjadi defensif terhadap anak, karena itu tidak membantu baik anak maupun orang tua. Tindakan itu, yang diajarkan pengalaman, adalah hampir pasti menuntun kedua menjauhi jalan Tuhan.

PENATUA OAKS: Presidensi Utama membuat pernyataan yang indah mengenai hal ini dalam sebuah surat pada tahun 1991. Berbicara tentang individu dan keluarga yang bergumul dengan masalah seperti ini, mereka berkata, “Kami mendorong para pemimpin dan anggota Gereja untuk menjangkau dengan kasih dan pemahaman kepada mereka yang bergumul dengan isu-isu ini.” Tentunya jika kita dinasihati sebagai sebuah badan keanggotaan Gereja untuk menjangkau dengan kasih dan pemahaman mereka yang ‘bergumul dengan isu-isu ini,’ kewajiban itu terletak dengan intensitas tertentu pada orang tua yang memiliki anak-anak yang bergumul dengan isu-isu ini... bahkan anak-anak yang terlibat dalam perilaku berdosa yang berhubungan dengan isu-isu ini.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apakah penolakan anak adalah reaksi alami dari sebagian orang tua kapan pun anak-anak mereka tidak memenuhi pengharapan mereka? Apakah terkadang lebih untuk ‘menutup jendela’ mengenai isu daripada mengatasinya?

PENATUA OAKS: Kita pasti mendorong orang tua untuk tidak menyalahkan diri mereka sendiri dan kami mendorong anggota Gereja untuk tidak menyalahkan orang dalam situasi ini. Kita harus mengingat bahwa tidak ada dari kita yang sempurna dan tidak ada dari kita yang memiliki anak-anak yang perilakunya sepenuhnya sesuai dengna apa yang kita ingin mereka lakukan dalam segala situasi.

Kami merasakan belas kasihan besar bagi orang tua yang kasih dan naluri melindungi bagi anak-anak mereka yang menghadapi tantangan telah memindahkan mereka ke suatu posisi yang bertentangan deengan Gereja. Saya harap Tuhan akan berbelas kasihan kepada orang tua yang kasih bagi anak-anak mereka telah menyebabkan mereka jatuh ke dalam perangkap seperti itu.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Mari kita percepat lagi. Putra saya sekarang telah berhenti datang ke gereja sama sekali. Tampaknya tidak ada prospek dia akan kembali. Sekarang dia memberi tahu saya dia berencana pergi ke Kanada di mana pernikahan sesama jenis diperbolehkan. Dia menegaskan bahwa hubungan pernikahan yang penuh kasih adalah penting. Dia tidak kacau, dia hanya punya satu hubungan. Dia dan pasangannya berniat untuk memiliki hubungan itu selama sisa hidup mereka. Dia tidak dapat memahami bahwa komitmen seumur hidup tidak dapat diterima oleh Gereja ketika masyarakat tampaknya bergerak ke arah itu. Sekali lagi, jika saya adalah ayah Orang Suci Zaman Akhir, apa yang diharapkan dari saya untuk katakan kepadanya?

PENATUA WICKMAN: Untuk pembuka, pernikahan bukanlah soal politik, juga bukan masalah kebijakan sosial. Pernikahan didefinisikan oleh Tuhan sendiri. Itu adalah satu lembaga yang tata caranya dilakukan oleh wewenang imamat dalam bait suci [dan] melampaui dunia ini. Itu sangat penting dan mendalam... suatu ajaran inti Injil Yesus Kristus, alasan utama penciptaan bumi ini. Seseorang tidak dapat melewati halaman pertama Kejadian tanpa melihatnya dengan sangat jelas. Itu bukanlah lembaga yang dapat dirusak oleh manusia, dan tentunya tidak boleh dirusak oleh mereka yang melakukannya hanya untuk tujuan mereka sendiri. Di mata Tuhan tidak ada yang namanya pernikahan sesama jenis. Perilaku homoseksual adalah dan akan selalu tetap dosa keji di hadapan Tuhan. Menyebutnya dengan nama lain berdasarkan definisi politik tertentu tidak mengubah kenyataan itu.

PENATUA OAKS: Cara lain untuk mengatakan hal yang sama adalah Parlemen di Kanada dan Kongress di Washington tidak memiliki kewenangan untuk mencabut perintah-perintah Allah, atau untuk memodifikasi atau mengubahnya dengan cara apa pun.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Pada beberapa situs web gay ada mereka yang berpendapat bahwa perilaku homoseksual tidak secara khusus dilarang dalam Alkitab, khususnya dalam Perjanjian Baru. Sebagian orang berpendapat bahwa belas kasihan Yesus Kristus dan kasih bagi kemanusiaan merangkul hubungan semacam ini. Apa ajaran Gereja tentang itu?

PENATUA WICKMAN: Untuk satu hal, mereka yang menyatakan itu perlu membaca Alkitab mereka lebih saksama. Tetapi lebih dari itu, itu seperti membandingkan apel dengan jeruk untuk merujuk pada kasih yang Juruselamat nyatakan kepada seluruh umat manusia, untuk setiap orang, untuk setiap pria dan wanita dan anak, dengan ajaran yang berhubungan dengan pernikahan.

Bahkan, Juruselamat membuat pernyataan tentang pernikahan, meskipun dalam konteks yang agak berbeda. Yesus berkata bahwa “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Kita biasanya memikirkan pernyataan itu dalam konteks dua orang, pria dan wanita, yang menikah dan ketidaktepatan seseorang yang berusaha memisahkan mereka. Saya pikir itu dapat memiliki makna yang lebih luas dalam arti ajaran. Pernikahan pria dan wanita adalah jelas dalam ajaran Alkitab dalam Perjanjian Lama serta dalam ajaran Perjanjian Baru. Siapa pun yang berusaha untuk memecah belah gagasan itu adalah bertentangan dengan apa yang Yesus sendiri katakan. Adalah penting untuk mengingat perbedaan antara kasih Yesus dan definisi ajaran-Nya, dan definisi ajaran yang telah datang dari para rasul dan nabi Tuhan Yesus Kristus, baik di zaman dahulu maupun di zaman modern.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apa yang mungkin mereka katakan, “Baiklah. Orang-Orang Suci Zaman Akhir berhak untuk percaya apa pun yang mereka suka. Jika Anda tidak percaya pada pernikahan sesama jenis, maka itu baik bagi Anda. tetapi mengapa berusaha mengatur perilaku orang lain yang tidak ada hubungannya dengan iman Anda, terutama ketika beberapa negara di Eropa telah mengesahkan pernikahan semacam itu? Mengapa tidak hanya berkata, ‘Kami tidak menyetujuinya secara ajaran bagi orang-orang kami sendiri dan berhenti di situ. Mengapa berjuang untuk mendapatkan amandemen Konstitusi [di Amerika Serikat], misalnya?

PENATUA WICKMAN: Kami tidak berusaha mengatur orang-orang, tetapi gagasan ini bahwa ‘apa yang terjadi dalam rumah Anda tidak memengaruhi apa yang terjadi dalam rumah saya’ mengenai masalah lembaga pernikahan dapat menjadi penyesatan utama dari mereka yang mendukung pernikahan sesama jenis.

Beberapa orang mempromosikan gagasan bahwa dapat ada dua pernikahan, yang ada berdampingan, satu heteroseksual dan satu homoseksual, tanpa ada konsekuensi yang merugikan. Kenyataan pahitnya adalah bahwa, sebagai lembaga, pernikahan sama seperti lembaga lainnya hanya dapat memiliki satu definisi tanpa mengubah karakter utama lembaga itu. Oleh karena itu tidak dapat ada koeksistensi dua pernikahan. Baik ada pernikahan yang sekarang didefinisikan dan sebagaimana yang didefinisikan oleh Tuhan, maupun ada apa yang dapat digambarkan sebagai pernikahan tanpa jenis kelamin. Yang terakhir adalah kekejian bagi Allah, yang, seperti yang telah kita bahas, Dia sendiri jelaskan apa pernikahan itu—antara pria dan wanita.

Sebuah redefinisi lembaga itu, oleh karena itu, mendefinisikan kembali untuk semua orang—tidak hanya mereka yang mencari apa yang disebut pernikahan sesama jenis. Itu juga mengabaikan definisi yang telah Tuhan berikan.

PENATUA OAKS: Ada satu hal lagi yang dapat dibuat dari ini. Jangan lupa bahwa selama ribuan tahun lembaga pernikahan telah dilaksanakan antara pria dan wanita. Hingga baru-baru ini, dalam sejumlah kecil negara, tidak ada hal seperti pernikahan antara orang-orang berjenis kelamin sama. Tiba-tiba kita dihadapkan dengan klaim bahwa ribuan tahun pengalaman manusia hendaknya dikesampingkan karena kita tidak boleh mendiskriminasi sehubungan dengan lembaga pernikahan. Ketika klaim itu dibuat, beban membuktikan bahwa langkah ini tidak akan membatalkan kebijaksanaan dan stabilitas ribuan tahun pengalaman terletak pada mereka yang ingin membuat perubahan itu. Namun pertanyaannya telah diajukan dan masalahnya diajukan seolah-olah mereka yang percaya pada pernikahan antara pria dan wanita memikul beban untuk membuktikan bahwa itu tidak boleh diperluas ke persyaratan lainnya.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Ada mereka yang akan berkata bahwa itu mungkin telah diterapkan lebih baik pada tahun 1950-an atau sebelumnya dibanding pada abad ke-21. Jika Anda melihat beberapa negara di Eropa, misalnya, pernikahan tradisional semakin menurun bahkan itu tidak lagi menjadi norma. Jika pernikahan berevolusi, apakah kita harus menentang perubahan sosial semacam itu?

PENATUA OAKS: Argumen itu mengesankan saya sebagai sesuatu yang mirip dengan fakta bahwa jika kita menyetujui bahwa seorang pasien sakit dan semakin sakit, oleh karena itu kita harus menyetujui untuk mengakhiri hidupnya. Langkah itu yang mengakhiri nyawa pasien hampir sama dengan modifikasi drastis dalam lembaga pernikahan yang akan dihadirkan oleh pernikahan sesama jenis.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Anda berbicara tentang bahaya yang dapat terjadi dalam masyarakat dengan mendefinisikan kembali pernikahan. Apa yang akan Anda katakan kepada mereka yang menyatakan: “Saya tahu orang-orang gay yang berada dalam hubungan berkomitmen jangka panjang. Mereka adalah orang-orang hebat. Mereka mencintai satu sama lain. Apa bahaya yang akan dihadirkannya dalam pernikahan saya sebagai heteroseksual untuk memperkenankan ‘ritus’ yang sama untuk mereka?’

PENATUA WICKMAN: Perkenankan saya mengatakan lagi apa yang saya ucapkan beberapa saat lalu. Saya percaya bahwa argumen itu adalah penyesatan sejati, karena pernikahan adalah lembaga terpadu. Pernikahan berarti hubungan yang berkomitmen dan disahkan oleh hukum antara seorang pria dan seorang wanita. Itulah artinya. Itulah artinya dalam wahyu. Itulah artinya dalam hukum sekuler. Anda tidak dapat memiliki pernikahan itu ada berdampingan secara kelembagaan dengan sesuatu yang lain yang disebut pernikahan sesama jenis. Itu merupakan kemustahilan pendefinisian. Pada titik tertentu seperti Anda sekarang, sebagai lembaga, mulai menyadari hubungan yang disahkan secara hukum, hubungan berkomitmen antara dua orang berjenis kelamin sama, Anda sekarang telah mendefinisikan kembali lembaga itu menjadi satu pernikahan tanpa jenis kelamin.

Seperti yang telah kami sebutkan dalam menjawab pertanyaan lainnya, [pernikahan tanpa jenis kelamin] adalah bertentangan dengan hukum Allah, dengan Firman yang diungkapkan. Tulisan suci, kuno dan modern, tidak dapat dengan lebih jelas lagi mengenai definisi bahwa Tuhan dan para agen-Nya telah berikan kepada pernikahan selama dispensasi.

Namun itu memiliki dampak mendalam dalam cara yang sangat sekuler pada orang lain. Apa yang terjadi dalam rumah seseorang di ujung jalan sesungguhnya berdampak pada apa yang terjadi dalam rumah saya dan bagaimana itu ditangani. Untuk menyarankan bahwa dalam menghadapi ribuan tahun sejarah dan wahyu Allah serta keseluruhan pola manusia mereka berhak untuk mendefinisikan kembali keseluruhan lembaga bagi semua orang adalah sangat sombong dan benar-benar salah.

PENATUA OAKS: Hal lain yang harus dibuat tentang ini dibuat dalam sebuah pertanyaan. Jika pasangan yang hidup bersama tanpa menikah, bahagia, dan saling berkomitmen ingin menjadikan hubungan mereka sebagai pernikahan, mengapa mereka menginginkan itu? Mengingat apa yang mereka katakan mereka miliki, mengapa mereka ingin menambahkan padanya status sah pernikahan yang telah dihormati dan dialami selama ribuan tahun? Apakah yang diinginkan oleh mereka yang menganjurkan pernikahan sesama jenis? Jika itu dapat diartikulasikan pada beberapa dasar selain diskriminasi, yang bukanlah argumen yang sangat baik, adalah lebih mudah untuk menjawab pertanyaan itu yang telah Anda ajukan, dan saya pikir itu akan mengungkapkan betapa masuk akalnya apa yang telah kita dengar.

Ada beberapa indikasi tertentu dari pernikahan—konsekuensi legal dan sosial tertentu serta legitimasi tertentu—yang jika diberikan pada suatu hubungan selain pernikahan antara seorang pria dan seorang wanita cenderung untuk mengurangi jika tidak menghancurkan lembaga yang telah dihormati selama ribuan tahun.

Selain itu, jika orang-orang ingin mengesahkan hubungan tertentu, kita harus berhati-hati jika hubungan semacam itu telah ditentang selama ribuan tahun. Tiba-tiba ada seruan untuk mengesahkannya agar mereka dapat merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Argumen itu terbukti terlalu banyak. Misalkan seseorang yang mencari nafkah dengan perilaku ilegal tertentu, tetapi merasa tidak nyaman tentang hal itu. (Dia bisa saja seorang pencuri profesional atau dia bisa saja menjual layanan yang ilegal, atau apa pun juga). Apakah kita pergi keluar dan mengesahkan perilakunya karena dia sedang didiskriminasi terhadap pilihan pekerjaannya sendiri atau karena dia tidak merasa baik tentang apa yang sedang dia lakukan dan dia ingin contoh ‘perasaan baik,’ atau dia ingin perilakunya disahkan di mata masyarakat atau keluarganya? Saya pikir jawabannya adalah bahwa kita tidak mengesahkan perilaku untuk alasan-alasan itu kecuali ada alasan yang sangat persuasif yang dimunculkan untuk membuat perubahan dalam situasi saat ini.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Apakah Anda akan memperluas argumen yang sama terhadap pernikahan sesama jenis dengan serikat sipil dengan semacam manfaat dari pernikahan?

PENATUA WICKMAN: Satu cara untuk memikirkan bahwa pernikahan adalah seperti sekumpulan hak-hak yang berkaitan dengan apa artinya bagi dua orang untuk menikah. Apa yang telah Presidensi Utama lakukan adalah mengungkapkan dukungannya pada pernikahan dan untuk sekumpulan hak-hak itu secara tradisional dimiliki oleh pernikahan dan kewenangan yang memerintah telah mencantumkan label padanya, baik itu serikat sipil atau kemitraan domestik atau apa pun label yang telah diberikan, itu adalah sangat penting bagi pernikahan. Itu adalah sesuatu yang di mana ajaran kita hanya mengharuskan kita berbicara dengan lantang dan berkata, “Itu tidak benar. Itu tidak pantas.”

Sejauh sesuatu yang kurang dari itu—sejauh hubungan yang memberikan kepada beberapa pasangan dalam masyarakat kita beberapa hak tetapi tidak semuanya yang berhubungan dengan pernikahan—sejauh pengetahuan saya, Presidensi Utama belum menyatakannya. Ada sejumlah tipe kemitraan atau berpasangan yang dapat ada dalam masyarakat yang bukan hubungan seksual berjenis kelamin sama yang memberikan beberapa hak yang kita tidak berkeberatan tentang itu. Setelah berbagi semua itu... mungkin sesekali ada hak-hak tertentu yang akan kita khawatirkan diberikan kepada mereka yang dalam hubungan sesama jenis. Adopsi adalah salah satu yang terpikirkan, hanya karena itu adalah hak yang telah secara historis dan ajaran, dihubungkan begitu erat dengan pernikahan dan keluarga. Saya mengutip contoh adopsi hanya karena itu berhubungan dengan melahirkan dan membesarkan anak-anak. Ajaran kami, bahkan sebagaimana yang dinyatakan baru-baru ini dalam arti ajaran yang sangat lengkap dalam Maklumat Keluarga oleh para rasul dan nabi yang hidup, adalah bahwa anak-anak berhak dibesarkan dalam rumah dengan seorang ayah dan seorang ibu.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Mengenai isu amandemen Konstitusi yang melarang pernikahan sesama jenis, ada sebagian Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang menentang pernikahan sesama jenis, tetapi yang tidak setuju menangani ini melalui amandemen Konstitusi. Mengapa Gereja merasa bahwa itu harus melangkah ke arah itu?

PENATUA OAKS: Hukum setidaknya memiliki dua peran: satu untuk mendefinisikan dan mengatur batas-batas perilaku yang dapat diterima. Yang lain adalah untuk mengajarkan asas-asas kepada orang-orang untuk membuat pilihan pribadi. Hukum menyatakan beberapa hal tidak dapat diterima yang tidak dapat diberlakukan, dan tidak ada penuntut yang berusaha memberlakukannya. Kami merujuknya sebagai fungsi pengajaran hukum. Saatnya telah tiba dalam masyarakat kita ketika saya saya melihat kebijaksanaan dan tujuan besar dalam amandemen Konstitusi Amerika Serikat yang menyatakan bahwa pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Tidak ada dalam amandemen yang diusulkan itu yang mengharuskan hukuman pidana atau yang mengarahkan penuntut umum untuk pergi ke luar dan mengumpulkan orang-orang, tetapi itu menyatakan asas dan itu juga menciptakan penghalang pertahanan terhadap mereka yang ingin mengubah definisi tradisional pernikahan.

Ada orang-orang yang menentang amandemen Konstitusi federal karena mereka berpikir bahwa hukum keluarga hendaknya dibuat oleh negara bagian. Saya dapat melihat argumen sah di situ. Namun saya pikir itu salah, karena pemerintah federal, melalui keputusan para hakim federal seumur hidup, telah mengambil alih area itu. Amandemen Konstitusi ini adalah tindakan pertahanan terhadap mereka yang ingin mengabaikan kehendak negara bagian yang dinyatakan dan diwajibkan secara tepat, sebagai urusan hukum federal, pengakuan pernikahan sesama jenis—atau pencabutan hukum negara bagian yang mewajibkan bahwa pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita. Singkatnya, Presidensi Utama telah mengeluarkan amandemen (yang mungkin atau mungkin tidak diterima) yang mendukung fungsi pengajaran hukum. Amandemen semacam itu akan menjadi ungkapan terpenting kebijakan publik, yang akan menjadi sumber atau hendaknya menjadi sumber ke dalam keputusan para hakim di seluruh negeri.

PENATUA WICKMAN: Perkenankan saya menambahkan, jika boleh. Bukan Gereja yang telah menjadikan isu pernikahan sebagai urusan hukum federal. Mereka yang penuh semangat mengusulkan sesuatu yang disebut pernikahan sesama jenis itulah yang pada dasarnya telah menjadikannya urusan hukum federal. Mereka adalah orang-orang yang telah menciptakan situasi di mana hukum negeri, bagaimanapun juga, akan menanggapi isu pernikahan ini. Ini bukanlah situasi di mana Gereja telah memilih untuk membawa masalah ini ke dalam arena hukum atau ke dalam arena politik. Itu sudah ada di sana.

Kenyataannya adalah bahwa cara terbaik untuk memastikan bahwa suatu definisi pernikahan sebagaimana adanya sekarang tetap berlanjut adalah untuk menempatkannya ke dalam dokumen sah mendasar Amerika Serikat. Itu adalah Konstitusi. Itu adalah di mana pertempuran telah membawanya. Pada akhirnya itu adalah di mana pertempuran akan diputuskan. Itu akan diputuskan sebagai urusan hukum federal bagaimanapun juga. Sebagai akibatnya, itu bukanlah medan pertempuran mengenai isu itu yang telah kami Orang-Orang Suci Zaman Akhir pilih, tetapi itu telah ditetapkan dan kami tidak memiliki pilihan selain untuk mengekspresikan pandangan kami tentang itu, yang sebenarnya itu saja yang telah Gereja lakukan.

Keputusan bahkan bagi anggota Gereja sehubungan dengan apa yang mereka lakukan mengenai isu ini tentu saja harus bergantung pada masing-masing dalam kapasitas mereka sebagai warga negara.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Penekanan yang telah ditempatkan dalam percakapan ini mengenai pernikahan tradisional antara seorang pria dan seorang wanita telah menjadi konsisten secara keseluruhan. Apakah Anda melihat adanya ironi dalam fakta bahwa Gereja begitu blak-blakan mengenai isu ini, ketika dalam pikiran begitu banyak orang di Amerika Serikat dan di seluruh dunia Gereja dikenal pernah mendukung pengaturan pernikahan yang sangat tidak tradisional—yaitu, poligami?

PENATUA OAKS: Orang-orang Mormon pada abad ke-19, termasuk beberapa leluhur saya, tidak bersemangat untuk mempraktikkan pernikahan jamak. Mereka mengikuti teladan Brigham Young, yang menyatakan perasaan negatif yang mendalam ketika dia pertama kali menerima pengungkapan asas ini. Orang-orang Mormon pada abad ke-19 yang mempraktikkan pernikahan jamak, pria dan wanita, melakukannya karena mereka rasa itu adalah tugas yang ditempatkan kepada mereka oleh Allah.

Ketika tugas itu diambil, mereka diarahkan untuk mematuhi hukum negeri, yang melarang poligami dan yang telah menjadi bagian konstitusi. Ketika mereka diberi tahu untuk menahan diri dari pernikahan jamak, mungkin ada beberapa yang tidak senang, tetapi saya pikir sebagian besar merasa sangat lega dan bahagia untuk kembali ke dalam arus utama peradaban barat, yang adalah pernikahan antara seorang pria dan seorang wanita. Singkatnya, jika Anda mulai dengan asumsi wahyu yang berkesinambungan, yang di atasnya Gereja ini dibangun, maka Anda dapat memahami bahwa tidak ada ironi di dalam ini. Namun jika Anda tidak mulai dengan asumsi itu, Anda melihat ironi yang mendalam.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Bagaimana dengan berbagai macam kelompok dukungan bagi mereka dengan penderitaan sesama jenis?

PENATUA WICKMAN: Saya pikir kami tidak mendorong atau mengecilkan hati mereka, tetapi banyak bergantung pada sifat kelompok-kelompok itu. Kami tentu saja menghalangi orang-orang menjadi terlibat dengan kelompok atau organisasi mana pun yang mendorong menjalani gaya hidup homoseksual.

Pada akhirnya, jalan paling bijaksana untuk diambil seseorang yang sedang bergumul dengan ketertarikan dengan sesama jenis adalah untuk berusaha memperluas pandangan seseorang melampaui orientasi seksualnya, orientasi jenis kelaminnya, dan untuk berusaha melihatnya sebagai manusia seutuhnya. Jika saya adalah yang bergumul dengan ketertarikan dengan sesama jenis, saya harus berusaha untuk melihat diri saya dalam konteks yang jauh lebih luas... melihat diri saya sebagai seorang anak Allah dengan apa pun bakat saya, kecerdasan, atau musik, atau olahraga, atau seseorang yang memiliki belas kasihan untuk menolong orang-orang, untuk melihat diri saya dalam pengaturan yang lebih besar dan dengan demikian melihat kehidupan saya dalam pengaturan itu.

Semakin seseorang dapat melihat melampaui orientasi jenis kelamin, semakin bahagia dan lebih memuaskan kehidupannya. Hal terburuk yang dapat terjadi kepada kita—terlepas dari apa cobaan kita, terlepas dari apa kecenderungan fana kita—adalah untuk menjadi terpaku dengan itu, untuk terus memikirkan itu. Ketika kita melakukannya, tidak hanya kita menyangkal hal-hal lain yang membentuk kita, tetapi pengalaman mengajarkan bahwa akan ada kemungkinan peningkatan yang pada akhirnya kita hanya akan menyerah pada kecenderungan itu.

PENATUA OAKS: Asas yang telah Penatua Wickman bicarakan, singkatnya, adalah bahwa jika Anda berusaha hidup dengan dan mempertahankan penguasaan atas ketertarikan dengan sesama jenis, cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk memiliki kelompok yang mendefinisikan anggotanya dalam hal selain ketertarikan dengan sesama jenis.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Jika Anda harus menggambarkan pertanyaan yang sangat kompleks ini dalam beberapa asas mendasar, apa yang akan Anda katakan?

PENATUA OAKS: Allah mengasihi semua anak-Nya. Dia telah menyediakan sebuah rencana agar anak-anak-Nya dapat menikmati berkat-berkat terpilih-Nya yang Dia tawarkan dalam kekekalan. Berkat-berkat terpilih itu berhubungan dengan pernikahan antara pria dan wanita melalui wewenang imamat yang tepat untuk membentuk unit keluarga untuk penciptaan dan kebahagiaan dalam kehidupan ini dan dalam kehidupan yang akan datang.

Kami mendorong orang-orang dengan ketertarikan dengan sesama jenis untuk mengendalikan itu dan untuk menahan diri dari menindakinya, yang adalah dosa, sama seperti kami mendorong orang-orang dengan ketertarikan dengan lawan jenis untuk menahan diri dari menindakinya sampai mereka memiliki kesempatan untuk pernikahan yang diakui Allah serta hukum negara. Itu adalah jalan menuju kebahagiaan dan kehidupan kekal. Allah tidak memberikan kepada kita perintah bahwa Dia tidak akan memberikan kita kuasa dan kekuatan untuk patuh. Itu adalah Rencana Keselamatan bagi anak-anak-Nya, dan adalah tugas kita untuk mempermaklumkan rencana itu, untuk mengajarkan kebenarannya, dan untuk memuji Allah atas misi Putra-Nya, Yesus Kristus. Pendamaian Kristus adalah yang memungkinkan bagi kita untuk diampuni dari dosa-dosa kita dan kebangkitan-Nya yang memberikan kita jaminan kebakaan dan kehidupan yang akan datang. Kehidupan yang akan datang adalah yang mengarahkan pandangan kita dalam kefanaan dan memperkuat tekad kita untuk menjalankan hukum Allah agar kita dapat memenuhi syarat untuk berkat-berkat-Nya dalam kebakaan.

URUSAN KEMASYARAKATAN: Terima kasih.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.