Topik

Netralitas Politik

Misi Gereja adalah untuk mengkhotbahkan Injil Yesus Kristus, bukan untuk memilih politisi. Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir bersikap netral dalam urusan politik partai. Ini berlaku di semua negara di mana Gereja didirikan.

Gereja tidak:

  • Mendukung, mempromosikan atau menentang partai-partai politik, platform atau kandidat mereka.
  • Mengizinkan gedung-gedung Gereja, daftar keanggotaan atau sumber-sumber lainnya digunakan untuk tujuan-tujuan politik partisan.
  • Mencoba untuk mengarahkan anggotanya mengenai kandidat atau partai mana yang harus mereka pilih. Kebijakan ini berlaku baik kandidat itu adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir maupun tidak.
  • Mencoba untuk mengarahkan atau mendikte kebijakan kepada seorang pemimpin pemerintahan.

Gereja melakukan:

  • Mendorong anggotanya untuk berperan sebagai warga negara yang bertanggung jawab di komunitas mereka, termasuk mendapatkan informasi mengenai isu-isu dan memberikan suara dalam pemilu.
  • Mengharapkan anggotanya untuk terlibat dalam proses politik dalam cara yang terinformasi dan pantas, menghormati kenyataan bahwa anggota Gereja berasal dari berbagai latar belakang dan pengalaman serta mungkin memiliki perbedaan pendapat dalam masalah politik partisan.
  • Meminta para kandidat untuk jabatan agar tidak mengimplikasikan bahwa Gereja mendukung pencalonan atau platform mereka.
  • Memiliki hak sebagai lembaga untuk menyampaikan, dengan cara nonpartisan, isu-isu yang diyakininya memiliki konsekuensi komunitas atau moral yang signifikan atau yang secara langsung memengaruhi kepentingan Gereja.

Di Amerika Serikat, di mana hampir setengah Orang Suci Zaman Akhir di dunia tinggal, adalah kebiasaan bagi Gereja di setiap pemilu nasional untuk mengeluarkan surat untuk dibacakan ke semua jemaat mendorong anggotanya untuk memilih, tetapi menekankan netralitas Gereja dalam urusan politik partisan.

Hubungan dengan Pemerintah

Pejabat terpilih yang adalah Orang Suci Zaman Akhir membuat keputusan mereka sendiri dan belum tentu sesuai dengan satu sama lain atau bahkan dengan posisi Gereja yang dinyatakan secara umum. Sementara Gereja dapat menyampaikan pandangannya kepada mereka, seperti yang dapat dilakukannya kepada pejabat terpilih lainnya, itu mengenali bahwa pejabat ini masih harus membuat keputusan mereka sendiri berdasarkan penilaian terbaik mereka dan dengan mempertimbangkan konstituen yang mereka wakili.

Rujukan tulisan suci modern untuk peran pemerintah: Ajaran dan Perjanjian, Bagian 134

Partisipasi Partai Politik dari Pejabat Ketua Gereja

Selain itu, surat Presidensi Utama yang dikeluarkan pada tanggal 16 Juni 2011 adalah pernyataan kembali dan klarifikasi lebih lanjut dari posisi Gereja mengenai netralitas politik pada awal musim politik lainnya. Itu berlaku untuk semua Pembesar Umum penuh waktu, pemimpin organisasi pelengkap umum, presiden misi dan presiden bait suci. Kebijakan ini tidak diarahkan untuk karyawan Gereja penuh waktu.

“Pembesar Umum dan pejabat umum Gereja serta pasangan mereka dan pemimpin gerejani lainnya yang melayani penuh waktu hendaknya tidak berpartisipasi secara pribadi dalam kampanye politik, termasuk mempromosikan kandidat, penggalangan dana, berbicara atas nama atau mendukung kandidat, dan membuat kontribusi keuangan.

“Karena mereka bukan pejabat penuh waktu Gereja, Tujuh Puluh Area, presiden pasak dan uskup bebas untuk berkontribusi, melayani dalam komite kampanye dan mendukung kandidat pilihan mereka dengan pengertian bahwa mereka:

  • Bertindak semata-mata sebagai warga negara individu dalam proses demokrasi dan bahwa mereka tidak menyiratkan, atau memperkenankan orang lain untuk menyimpulkan, bahwa tindakan atau dukungan mereka dengan cara apa pun mewakili gereja.
  • Tidak akan menggunakan alat tulis Gereja, daftar alamat atau sistem surel yang dihasilkan Gereja atau bangunan Gereja untuk tujuan promosi politik.
  • Tidak akan terlibat dalam penggalangan dana atau jenis kampanye lainnya yang berfokus pada sesama anggota Gereja di bawah pengawasan gerejani mereka.”

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.