Topik

Struktur Organisasi Gereja

Kantor Pusat

Gereja dipimpin oleh 15 rasul. Rasul paling senior adalah presiden Gereja, dan dia memilih dua rasul sebagai penasihat. Ketiganya bertugas sebagai Presidensi Utama, yang merupakan badan tertinggi Gereja. Dua belas lainnya membentuk Kuorum Dua Belas—badan tertinggi kedua Gereja. Bersama-sama, Presidensi Utama dan Dua Belas mengawasi seluruh Gereja. Anggota Gereja melacak struktur organisasi ini ke Perjanjian Baru.

Semua rasul dipandang oleh anggota Gereja sebagai “para saksi khusus” Yesus Kristus di seluruh dunia. Mereka sering bepergian, berceramah dan mendorong jemaat anggota berukuran besar dan bukan anggota yang berminat serta bertemu dengan pemimpin setempat.

Pemimpin yang dikenal sebagai tujuh puluh—satu lagi jabatan Perjanjian Baru—membantu Dua Belas Rasul dan melayani di berbagai lokasi di seluruh dunia. Sekarang ada delapan kuorum Tujuh Puluh. Setiap kuorum dapat terdiri dari 70 anggota. Beberapa tujuh puluh ditugaskan untuk tugas administratif kantor pusat, tetapi kebanyakan tinggal dan bekerja di dalam wilayah geografis tertentu Gereja.

Lihat juga: “Bagaimana presiden Gereja dipilih.”

Jemaat Setempat

Pemimpin jemaat disebut uskup. “Paroki” administratifnya disebut lingkungan.

Sekumpulan lingkungan membentuk pasak, dan pemimpin pasak adalah presiden pasak. “Pasak” bukanlah istilah yang ditemukan dalam Perjanjian Baru, tetapi diambil dari perumpamaan kemah dalam Perjanjian Lama di mana “kemah,” atau gereja, disokong oleh pasak-pasak yang menyokongnya.

Presiden pasak dan uskup adalah pemimpin yang paling sering ditemui oleh keanggotaan luas Gereja. Pemimpin ini tidak dibayar dan memiliki sejumlah besar otonomi setempat.

Waktu dan upaya besar yang diperlukan untuk mengelola pasak atau lingkungan dan memenuhi kebutuhan anggota dilaksanakan oleh anggota sendiri. Kebanyakan anggota diminta oleh pemimpin setempat untuk berkontribusi dalam kapasitas tertentu. Tugas-tugas termasuk administratif setempat, mengajar atau jabatan berorientasi pelayanan. Tanggung jawab ini digilir dari waktu ke waktu. Uskup biasanya melayani selama sekitar lima tahun dan presiden pasak selama sekitar sembilan tahun.

Organisasi Pendukung

 

Gereja menyediakan organisasi tambahan setempat yang disebut Lembaga Pertolongan, Sekolah Minggu, Remaja Putra, Remaja Putri dan Pratama.

Gereja mengoperasikan sistem pendidikan, sistem kesejahteraan dan program misionaris.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.