Penatua Uchtdorf Mengunjungi Kanselir Jerman di Berlin

Menolong ‘sesama yang membutuhkan’ dibahas selama pertemuan

Rilis Berita

Penatua Dieter F. Uchtdorf dari Kuorum Dua Belas Rasul Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Jerman, pada hari Jumat, 6 Juli 2018.

Ini adalah kali pertama seorang kanselir Jerman secara resmi bertemu dengan seorang pemimpin senior Gereja.

Penatua Uchtdorf diundang untuk hadir di pertemuan itu oleh Senator Amerika Serikat Orrin Hatch dari Utah, yang adalah seorang anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, di Kantor Kanselir Federal di Berlin. Baginya, undangan ini adalah suatu kehormatan dan sukacita besar.

"Kanselir menyambut kami dengan hangat dan berbagi pemikirannya tentang berbagai hal yang tengah Jerman upayakan secara saksama dan sangat jelas," kata Penatua Uchtdorf, yang berasal dari Jerman.

Mereka juga membahas bagaimana Gereja membantu orang-orang di Jerman yang terkena dampak krisis pengungsi. Sejak 2011, Gereja telah memberikan bantuan kepada lebih dari 2 juta pengungsi. Di Jerman, para anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir telah aktif terlibat dalam 69 proyek sejak tahun 2015 dan telah mendukung upaya ini dengan berkontribusi hingga $3 juta (2,5 juta euro).

"Menjalankan iman sangat terkait erat dengan hak mendasar semua orang – baik yang beragama maupun tidak – untuk berpikir, berpendapat, bertindak, dan, tentu saja, dalam iman Kristen kami, selalu mencakup menolong sesama yang membutuhkan,” kata Penatua Uchtdorf.

Rasul OSZA ini menambahkan bahwa para anggota Gereja berupaya dengan niat baik untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang dari segala latar belakang agama untuk memperkuat nilai-nilai ini. Ia berkata bahwa dengan saling memahami dan bekerjasama, tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini dapat diatasi secara lebih baik.

Topik bahasan tambahan lainnya mencakup memperkuat hubungan Jerman-Amerika Serikat dan isu-isu dunia terkini lainnya.

Ketika berada di Jerman, Penatua Uchtdorf juga mengunjungi kamp konsentrasi Sachsenhausen di Oranienburg, di mana ia dan Senator Hatch bergabung di upacara peletakan karangan bunga untuk menghormati para korban peristiwa Holocaust.

Gereja telah hadir di Jerman sejak tahun 1843. Ada sekitar 40.000 anggota Gereja yang tersebar di 159 jemaat di negara Eropa ini. Keanggotaan Gereja di benua Eropa mencapai 516.000, dan ada lebih dari 16 juta anggota di seluruh dunia.

Pada bulan Mei, Penatua Uchtdorf menjadi tamu undangan mantan Presiden Jerman Joachim Gauck. Pada tahun 2002, Penatua Uchtdorf bertemu dengan Presiden Federal Johannes Rau di Schloss Bellevue, Berlin.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.